Sukses

Pakar: Bagikan Informasi Secukupnya di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Penyalahgunaan informasi pribadi yang diunggah melalui stiker Add Yours di Instagram Stories disebut berhasil menjerat korban. Informasi ini diungkap oleh akun akun @ditamoechtar_ melalui akun Twitter-nya.

Ia menuliskan, salah seorang rekannya menceritakan telah menjadi korban penipuan melalui telepon. Jadi, pelaku meminta korban untuk mengirimkan sejumlah uang.

"Yang bikin temen saya percaya, si penipu manggil dia 'pim'. 'Pim' adalah panggilan kecil teman saya, yang hanya orang dekat yang tau," tulisnya seperti dikutip dari akun Twitternya.

Terkait aksi tersebut, pakar keamanan siber, Alfons Tanujaya pun mengingatkan agar pengguna tidak membagikan informasi detail mengenai dirinya di media sosial.

"Kita bagikan informasi secukupnya saja, kalau bisa hindari yang berhubungan dengan informasi pribadi kita karena sangat mudah dan rentan disalahgunakan," tutur Alfons saat dihubungi Tekno Liputan6.com via pesan teks, Selasa (23/11/2021).

Untuk itu, ia mengatakan, pengguna perlu bijak dalam membagikan informasi detail mengenai dirinya. Hal ini tidak hanya berlaku di Instagram, tapi juga media sosial lainnya.

"Data yang lain misalkan kita sering ke luar kota ke daerah tertentu kalau sering kita posting follower kita akan tahu beberapa informasi tersebut dan informasi tersebut dapat diekstrak lantas disalahgunakan," tuturnya pria yang juga merupakan Antivirus Specialist Vaksincom ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Fitur Add Yours di Instagram?

Stiker Add Yours di Instagram jadi bahan perbincangan di dunia maya Indonesia. Hal ini terjadi setelah seorang warganet mengaku jadi korban penipuan, karena membagikan informasi pribadinya lewat fitur itu.

Add Yours, atau dalam bahasa Indonesia adalah "Balasan Anda," merupakan salah satu fitur stiker baru yang diluncurkan Instagram belum lama ini. 

"Melalui stiker terbaru ini, pengguna dapat memulai percakapan seru bersama para pengikut dari pengguna Instagram lainnya di Stories," tulis Instagram dalam sebuah siaran pers beberapa waktu lalu.

Dengan stiker ini juga, perusahaan di bawah Meta itu mengatakan pengguna bisa saling berbagai inspirasi gaya OOTD mereka hingga tantangan.

3 dari 3 halaman

Diuji di Jepang dan Indonesia

Instagram menyebut, mereka memiliki misi untuk menghubungkan pengguna dengan orang, hal-hal, minat, dan isu yang mereka sukai.

"Stiker Add Yours memungkinkan pengguna untuk saling berbagi dan mengekspresikan opini dan kreativitas mereka terhadap sebbuah topik secara terbuka, seru, dan kasual melalui Stories," tulis Instagram.

Sebelum dibuka secara luas secara bertahap, Add Yours sendiri diuji coba terlebih dahulu di dua negara yaitu Jepang dan Indonesia, pada awal bulan Oktober lalu.

Barulah pada awal November ini, Instagram secara resmi meluncurkan stiker Add Yours ke seluruh dunia.

Dalam sebuah unggahan pengumuman di akun Twitter resminya, Instagram mengatakan bahwa Add Yours adalah stiker yang membuat utas (thread) publik dalam Stories.

"Dengan permintaan khusus dan tanggapan publik, Anda dapat membagikan stiker dan melihat siapa yang menanggapinya di Stories mereka sendiri," tulis Instagram.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.