Sukses

Cara Uninstal Beberapa Aplikasi Sekaligus dari Android

Liputan6.com, Jakarta - Setelah beberapa tahun penggunaan, smartphone Android biasanya sudah dipenuhi banyak aplikasi. Sejumlah aplikasi mungkin hanya dipakai sekali atau dua kali karena kebutuhan, kemudian tak pernah lagi digunakan.

Nah, seharusnya aplikasi-aplikasi yang hanya sekali dua kali dipakai ini langsung dihapus. Namun kadang pengguna lupa hingga di Android mereka ada banyak aplikasi yang tidak pernah digunakan.

Itu artinya, seiring waktu, memori atau ruang penyimpanan di HP Android akan habis dimakan aplikasi yang tidak lagi terpakai.

Nah, tahukah kamu, alih-alih menghapus satu per satu aplikasi, pengguna Android bisa menghapus beberapa aplikasi Android sekaligus. Begini caranya, dikutip dari Ubergizmo, Selasa (23/11/2021).

1. Buka Google Play Store di Android kamu

2. Tap ikon profil yang ada di sisi kanan atas

3. Pilih "Manage Apps & Device"

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Langkah Selanjutnya

4. Kini kamu akan bisa melihat ada berapa banyak aplikasi yang dipasang di Android kamu serta seberapa banyak memori yang dipakai

Cara hapus beberapa aplikasi Android sekaligus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

5. Pengguna bisa melihat keseluruhan daftar aplikasi yang dipasang di smartphone

6. Beri tanda ceklis pada kotak, untuk memilih aplikasi-aplikasi mana saja yang mau dihapus

3 dari 4 halaman

Uninstall

Cara hapus beberapa aplikasi Android sekaligus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

7. Setelah memilih semuanya, tap ikon kotak sampah

8. Pengguna akan melihat pop-up konfirmasi, lalu pilih "Uninstall".

Kini, semua aplikasi yang dipilih akan dihapus dari smartphone. Perlu diingat, cara ini hanya bisa digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang dipasang dari Play Store.

Artinya, jika pengguna menginstal aplikasi hasil unduhan dari toko aplikasi lain, seperti Amazon, Epic, atau Galaxy Store dan lain-lain, tidak akan tercantum dan harus menghapusnya secara terpisah.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G