Sukses

Netflix Sebut 142 Juta Rumah Tangga di Dunia Sudah Nonton Squid Game

Netflix menyebut 142 juta anggota rumah tangga di dunia, telah memilih menonton Squid Game dalam empat pekan pertamanya

Liputan6.com, Jakarta - Netflix melaporkan, sebanyak 142 juta rumah tangga sudah menyaksikan serial thriller Korea Selatan mereka yang tengah menjadi perbincangan saat ini, yakni Squid Game.

Melalui sebuah surat kepada para investornya, Netflix menyebut 142 juta anggota rumah tangga di dunia, telah memilih menonton Squid Game dalam empat pekan pertamanya.

"Luasnya popularitas Squid Game benar-benar luar biasa," kata perusahaan streaming asal Amerika Serikat itu, seperti dilansir The Guardian.

Dalam laporan per kuartal terbarunya, Netflix menyebut jumlah pelanggan mereka bertambah sekitar 4,4 juta dalam tiga bulan terakhir, yang diklaim mengalahkan perkiraan Wall Street.

Ditulis Kamis (21/10/2021), perusahaan memperkirakan, sebanyak 8,5 juta tambahan pelanggan akan hadir pada kuartal keempat tahun 2021.

Serial itu pun juga sudah menjadi budaya populer di dunia, mulai dari menginspirasi kostum Halloween, hingga meme di platform media sosial seperti TikTok.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertumbuhan Pelanggan Netflix

Secara menyeluruh, Netflix menyebut basis pelanggannya tumbuh 9 persen dari tahun sebelumnya, menjadi 213,6 juta, yang melampaui proyeksi mereka sendiri.

Peningkatan ini bahkan terjadi kala pertumbuhan pelanggan di Amerika Latin sedikit melunak, usai mereka menaikkan harga di Brasil.

"Ini adalah perlambatan pertumbuhan jangka pendek, tetapi bagus untuk bisnis kami dan kami sudah terus tumbuh melaluinya," kata Spencer Neumann, Chief Financial Officer Netflix, dikutip dari AP News.

Netflix menambahkan, mereka akan mengubah cara melaporkan metrik pemirsanya, tidak lagi berdasarkan akun yang menonton sebuah judul, tetapi menggunakan jumlah jam penayangan.

Menurut mereka, ini merupakan "indikator yang sedikit lebih baik dari kesuksesan keseluruhan judul dan kepuasan member."

"Ini juga cocok dengan bagaimana layanan di luar mengukur menonton TV dan memberikan kredit yang tepat untuk menonton ulang," kata Netflix.

3 dari 4 halaman

Jadi Serial Terbesar Netflix

Squid Game sendiri dilaporkan menjadi salah satu serial TV terbesar Netflix, yang menurut perkiraan internal perusahaan tekah memberikan keuntungan luar biasa besar.

Netflix membayar US$ 21,4 juta untuk sembilan episode Squid Game yang ditayangkan perdana empat minggu lalu, dan itu memberikan pendapatan lebih dari 40 kali lipat atau sekitar US$ 891 juta (Rp 12,5 triliun) ke perusahaan.

Mengutip Bloomberg yang dilansir Variety, Kamis (21/10/2021), data internal rahasia yang diperoleh Bloomberg dari seorang sumber anonim itu disebut sebagai 'impact value'.

Netflix sendiri menolak berkomentar. Seorang pengacara Netflix mengatakan tidak pantas bagi Bloomberg untuk mempublikasikan data rahasia yang terkandung dalam dokumen.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.