Sukses

WhatsApp Uji Coba Opsi untuk Atur Ukuran File Backup Chat

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp kedapatan telah menguji coba tool yang memungkinkan pengguna untuk mengatur ukuran file backup chat. Perubahan awal ini terbatas pada WhatsApp untuk versi Android dan bisa bekerja pada backup yang disimpan di Google Drive.

Mengutip laman Gadget NDTV, Rabu (13/11/2021), berdasarkan laporan WABetaInfo, WhatsApp kini mengembangkan sesi "Manage backup size" yang memungkinkan pengguna mengatur sendiri ukuran file backup sebelum mengunggahnya ke cloud.

WhatsApp untuk Android Beta 2.21.21.7 kelihatannya akan didukung beberapa update. Berdasarkan screenshot yang dibagikan WABetaInfo, terlihat pengguna akan bisa mengelola ukuran file backup WhatsApp mereka dengan mengecualikan foto, audio, atau dokumen dari file backup.

Namun demikian, penguji beta belum melihat adanya perubahan di versi Android Beta. Disebutkan, update ini masih dalam tahap pengembangan.

Saat ini WhatsApp tidak memberikan detail terkait ukuran file backup pada penggunanya. Namun, pengguna punya pilihan untuk mengecualikan video dari file backup cloud mereka.

Kendati WhatsApp belum memberikan rincian resmi apa pun yang memungkinkan pengguna mengelola ukuran file backup chat-nya, perubahan ini kemungkinan ada untuk membatasi ukuran paket pencadangan sebelum mengunggahnya ke cloud.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Antisipasi Kalau Google Drive Batasi Penyimpanan Chat WhatsApp

Meski Google Drive kini menyediakan penyimpanan tak terbatas untuk file cadangan WhatsApp, Google berhenti untuk memberi ruang penyimpanan foto unlimited di awal tahun ini. Bisa jadi, ke depannya Google Drive akan memberikan batasan untuk file backup WhatsApp.

Jadi untuk hal itulah kemungkinan WhatsApp menghadirkan opsi yang membuat pengguna bisa menyesuaikan ukuran file backup percakapan, sebelum diunggah ke cloud.

Sebelumnya WhatsApp juga menerapkan enkripsi end-to-end pada cadangan cloud. Pekan sebelumnya layanan pesan Facebook ini menguji beta update yang berfokus pada keamanan di perangkat Android dan iOS.

3 dari 4 halaman

Fitur Komunitas

Tidak cuma menambah opsi pengaturan ukuran file backup chat, WhatsApp tengah mengerjakan fitur Community alias Komunitas.

Berdasarkan informasi XDA Developer, mereka menemukan beberapa string kode baru yang mengacu pada fitur di WhatsApp untuk Android versi Beta 2.21.21.6. String ini menunjukkan bahwa fitur Komunitas memiliki fungsi yang mirip dengan penawaran Group yang ada di aplikasi.

Salah satu string yang ditemukan pada aplikasi beta memperlihatkan, fitur Komunitas dan Group dapat berjalan berdampingan di aplikasi perpesanan ini.

WABetaInfo menyebut, fitur Komunitas akan memberikan pengguna cara untuk mengatur grup WhatsApp mereka dengan lebih baik. 

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang WhatsApp