Sukses

Startup Edutech Quipper Klaim 62 Persen Pengguna Diterima di PTN Pada 2021

Quipper merilis survei internal mereka pada Juli 2021 silam dan mengklaim bahwa 62% pengguna aktif Quipper berhasil lolos ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Quipper merilis survei internal mereka pada Juli 2021 silam dan mengklaim bahwa 62 persen pengguna aktif Quipper berhasil lolos ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2021. Selain itu, 73 persen di antaranya diterima di Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Diponegoro.

Sejak tahun 2016 jumlah mahasiswa baru di Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Menurut Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), jumlah mahasiswa baru pada tahun 2019 naik signifikan 20,1 persen dari tahun sebelumnya menjadi 1,77 juta orang yang berasal baik dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Adapun sistem penerimaan mahasiswa baru di PTN dapat melalui jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN.

Ruth Ayu Hapsari, Business Strategy and Growth Senior Manager Quipper Indonesia, mengatakan bahwa sebagian besar pengguna Quipper yang berhasil mendapatkan kursi di PTN melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021, menggunakan Quipper secara intensif sebelum ujian.

"Dari survei yang kami lakukan, lebih dari setengah pengguna Quipper yang berada di Kelas 12 menggunakan Quipper secara konsisten, yaitu 3 hari dalam seminggu. Dari pengguna-pengguna aktif tersebut, sebanyak 62 persen berhasil masuk ke PTN impiannya," ujar Ayu.

Survey itu, kata Ayu, juga mengungkapkan bahwa 98 persen Pengguna Quipper mengaku sangat terbantu dengan fitur konten video, soal, dan khususnya cara SUPER (Solusi Quipper) selama masa persiapan UTBK.

"Selain itu, para pengguna juga sangat terbantu dengan adanya fitur Live Class yang merupakan salah satu fitur terbaru yang telah dirilis tahun lalu, di mana fitur ini membahas serba-serbi persiapan ujian secara spesifik dan relevan," tutur Ayu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konten untuk UTBK SBMPTN 2022

Sebagai bentuk persiapan menuju UTBK SBMPTN 2022 pada Maret tahun depan, Quipper telah menyiapkan sejumlah layanan penunjang persiapan ujian bagi calon peserta sedini mungkin.

Pada September 2021 ini, Quipper telah meluncurkan Paket Intensif UTBK SBMPTN 2022 yang disertai dengan ribuan video pembelajaran dan animasi, latihan soal dan video pembahasan, tryout online dengan sistem penilaian Item Response Theory (IRT), Cek Peluang UTBK, Live Class, Tanya Tutor, dan lainnya.

Content Manager Quipper Indonesia, Hanani Faiza, menyebutkan Quipper telah menyediakan konten terlengkap bagi para siswa yang tengah mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2022. Siswa telah dapat belajar menggunakan konten Materi Persiapan UTBK yang sudah tersedia sejak 17 September 2021.

"Untuk persiapan UTBK SBMPTN 2022, Quipper tidak hanya berfokus pada menyediakan konten belajar, namun juga pada pengalaman dan perjalanan belajar siswa," ujar Hanani.

Materi Persiapan disediakan bertujuan untuk membantu siswa mengenal dan mengulas kembali topik-topik yang umum keluar di UTBK. Pada bulan Desember, Materi Pemantapan akan dirilis untuk membantu siswa mengasah konsep dan taktik dalam mengerjakan tipe soal UTBK.

Selain itu, terdapat juga Materi Pembahasan yang akan dihadirkan pada Januari 2022 untuk menutup perjalanan belajar persiapan UTBK dengan menghadirkan contoh soal UTBK berikut pembahasannya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Testimoni Pengguna

Markus Gabriel, salah satu pengguna Quipper asal SMAN 2 Mandau, Riau, berhasil lolos masuk jurusan Bioteknologi di Universitas Brawijaya. Dia menilai, layanan Quipper Video Masterclass telah membantunya merencanakan belajar dan menyelesaikan masalah dalam mengerjakan soal.

"Aku sangat senang belajar di platform Quipper, apalagi dengan adanya produk Masterclass yang bisa membantu dalam rencana belajarku serta fitur Tanya Tutor untuk bantuin problem solving," kata Markus.

Sementara itu, Muhammad Shidqi, pengguna Quipper lainnya asal SMAN 2 Bantul, Yogyakarta mengatakan bahwa Quipper berhasil membantunya lulus UTBK SBMPTN 2021 dan diterima di jurusan Perbankan di Universitas Gadjah Mada (UGM).

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Subsidi Kuota Internet Pelajar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.