Sukses

Jurus Telkomsel Amankan Jaringan Internet Saat Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021

Liputan6.com, Jayapura - Telkom mengungkap sempat terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak, mulai sekitar pukul 17.33 WIB pada Minggu (19/9/2021).

Akibatnya, terjadi penurunan kualitas jaringan layanan Telkom Group (baik Telkomsel maupun Indihome) di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jayapura, Papua.

Layanan internet Telkomsel sendiri digunakan untuk mendukung infrastruktur gelaran acara ekshibisi esports PON XX Papua 2021.

Baik saat bertanding secara online, broadcast, hingga komunikasi di sekitar lokasi Indoor Hockey Doyo Baru yang menjadi venue gelaran acara tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Telkomsel Antisipasi Penurunan Layanan

Penampakan venue Hockey Indoor Doyo Baru. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Lalu bagaimana kesiapan Telkomsel mengatasi penurunan layanan sebelum ekshibisi esports PON XX Papua 2021 digelar pada 22-26 September 2021?

"Telkomsel sudah menyiapkan jaringan data selular sebagai backup jaringan WiFi Telkom yang akan digunakan dalam pertandingan nantinya (sebagai default)," ucap Kurniawan Widhi Atmadji-Manager RAN, Transport and Security Operation Telkomsel Maluku and Papua saat Tekno Liputan6.com hubungi, Senin (20/9/2021).

Terkait penurunan kualitas jaringan tadi malam, Kurniawan mengklaim jaringan Telkomsel khususnya di wilayah Kota Jayapura sudah berangsur pulih saat ini.

"Traffic untuk empat kluster penyelenggara PON saat ini mendapatkan prioritas dibandingkan wilayah lainnya yang terdampak," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Antisipasi Hal Serupa Terjadi Kembali

Banner raksasa sambut player dan official yang hadir di venue esports PON XX Papua 2021 di Indoor Hockey Doyo Baru. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Jadi momen bersejarah di industri esports Tanah Air, Telkomsel berusaha untuk mengantisipasi bilamana hal serupa seperti semalam terjadi kembali saat pertandingan.

"Gangguan tadi malam bersifat nasional. Telkomsel dan TelkomGroup sudah melakukan mitigasi dengan menggunakan backup link dan memprioritaskan trafik untuk PON pada 4 kota penyelenggara," kata Kurniawan.

Selain itu, Telkomsel sudah menyiapkan satu unit Combat untuk mengantisipasi lonjakan traffic saat pertandingan esports PON XX Papua 2021 berlangsung.

(Ysl/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Bisnis Game di Indonesia