Sukses

Telkom Rilis Aplikasi mySooltan untuk Bantu UMKM Go Online

Liputan6.com, Jakarta - Guna membantu pelaku UMKM go online secara cepat dan mudah, Telkom merilis aplikasi mySooltan.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara, menyatakan aplikasi ini dilengkapi infrastruktur digital yang dapat membuka peluang baru, memberikan ide kreativitas, dan memperkuat jaringan bisnis UMKM melalui kemitraan dengan masyarakat.

"Banyak solusi digital di mySooltan yang dapat membantu UMKM untuk tetap survive selama pandemi dan di era kenormalan baru, seperti solusi connectivity (sooltanNet), point of sales (Bonum), manajemen toko digital (Sakoo) dan aplikasi pembayaran melalui uang elektronik (Qren)," tutur Edi.

Kehadiran aplikasi mySooltan, kata Edi, menjadi salah satu bukti atas komitmen Telkom dalam mendukung upaya pelaku UMKM Go Online. UMKM Go Online menjadi tulang punggung perekonomian nasional untuk melakukan migrasi bisnis ke arah digital.

Aplikasi mySooltan pada dasarnya merupakan platform untuk UMKM agar bisa melakukan migrasi bisnis dari model luring ke daring (go online) secara mudah.

Melalui mySooltan, UMKM bisa mendapat berbagai manfaat untuk mengembangkan bisnisnya, mengatur perputaran roda usaha, serta memperluas pemasaran produk dan/atau jasa yang ditawarkan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Aplikasi mySooltan

Fitur mySooltan antara lain termasuk pengaturan harga modal dan jual barang/jasa, stok produk, manajemen pegawai, manajemen konsumen, mengimplementasikan penggunaan sistem pembayaran berbasis uang elektronik. Ada pula fitur membuat dan mencetak resi secara instan.

Melalui berbagai fitur ini, mySooltan diharapkan dapat menjadi solusi bagi UMKM di Indonesia agar bisa melakukan proses onboarding secara cepat dan mudah.

Edi juga memastikan, Telkom selama ini telah rutin melakukan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM agar bisa memperluas jaringan pasar, akses modal, dan mengerti serta memahami penggunaan teknologi digital demi pertumbuhan usaha ke depannya.

3 dari 4 halaman

Pendampingan

Salah satu keberhasilan Telkom mendampingi UMKM untuk go online tecermin dari kisah sukses UMKM Pondok Tekstil Kreasindo di Bandung, Jawa Barat.

UMKM binaan Telkom sejak 2011 ini merupakan salah satu pelaku usaha yang berhasil melakukan digitalisasi bisnis, sehingga dapat memperluas pemasaran produk dan bertahan selama pandemi berlangsung.

Digitalisasi usaha yang dilakukan Pondok Tekstil Kreasindo membuat usaha ini akhirnya dapat mengikuti sejumlah festival UMKM skala internasional sejak mulai dibina Telkom 10 tahun silam.

Selain itu, UMKM Pondok Tekstil Kreasindo juga mampu memperluas pasar domestiknya melalui keikutsertaan dalam platform PaDi UMKM.

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Aplikasi PeduliLindungi