Sukses

Ultah ke-5, Jenius Gaet Lebih dari 3,3 Juta Pengguna

Jenius juga mengungkapkan beberapa fitur mereka yang banyak digunakan oleh pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Jenius BTPN secara resmi berusia lima tahun pada Agustus 2021. Mereka mengungkapkan telah berhasil menggaet hingga 3,3 juta pengguna platform digital banking tersebut.

Dalam konferensi pers virtualnya, Kamis (26/8/2021), Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN, mengungkapkan bahwa 170 ribu orang di antara pengguna tersebut juga sudah membuka akun bisnis Jenius.

Irwan juga mengatakan, 30 ribu teman Jenius telah bergabung sebagai co-creator yang membagikan suara, masukan, dan ide mereka untuk pengembangan bank digital BTPN tersebut.

Proses kokreasi itu dilakukan melalui lebih dari 650 survei, FGD, dan in-depth interview bersama lebih dari 77 ribu anggota masyarakat digital savvy.

Irwan juga mengungkapkan bahwa dari sisi fitur, Flexi Saver Jenius sudah dibuat oleh lebih dari 1,2 juta pengguna aplikasi tersebut.

"Sementara Maxi Saver atau Term Deposit yang sudah kita luncurkan kurang lebih tiga tahun yang lalu, itu sudah lebih dari 1 juta deposito yang dibuat oleh pengguna," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kumpulkan 15 Miliar Donasi

Fitur Dream Saver juga telah dimanfaatkan oleh lebih dari 200 ribu sepanjang 2021.

"Jadi sekarang ada lebih dari 200 ribu Dream Saver yang telah dibuat dan membantu nasabah untuk merealisasikan aspirasinya atau dream-nya dalam bentuk dream saver," kata Irwan.

"Dan sudah lebih dari 270 ribu tagihan yang dikirimkan melalui fitur Split Bill sama Pay Me di sepanjang 2021," ia menambahkan.

Selain itu, Irwan mengatakan bahwa Jenius bekerja sama dengan beberapa lembaga seperti Baznas, Kitabisa, Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa untuk mengumpulkan dana untuk didonasikan melalui mitra mereka.

"Selama ini kami sudah mengumpulkan lebih dari 15 miliar donasi yang kita bisa salurkan ke lebih dari 75 ribu keluarga," ungkap Irwan.

Sementara dari segi pinjaman, sudah lebih dari 100 ribu kali pencairan dana siaga atau Flexi Cash yang dilakukan oleh nasabah.

3 dari 4 halaman

Fitur Top Up

Irwan juga menyebut bahwa fitur top-up menjadi salah satu fitur Jenius yang banyak digunakan pengguna mereka dengan lebih dari 140 ribu transaksi setiap bulannya.

"Lebih dari 24 ribu transaksi Jenius Pay di berbagai partner e-commerce kita dan juga lebih dari 164 ribu tagihan yang dibayarkan melalui Jenius setiap bulannya," Irwan memaparkan.

Untuk tiga pembayaran yang paling banyak dilakukan melalui aplikasi tersebut adalah isi ulang telepon, token PLN, dan telepon pasca bayar.

Dengan bertambahnya pemain di industri bank digital Indonesia, Irwan pun mengatakan bahwa hal tersebut bisa menjadi tantangan agar Jenius dapat menjadi lebih baik lagi ke depannya.

"Dilihat dari satu sisi itu menjadi challenge buat kita dan harus membuat kita menjadi lebih baik lagi," kata Irwan.

"Dengan adanya kompetisi, customer juga bisa melihat apa kelebihan dan kekurangan Jenius. At the end of the day, customer sendirilah yang menentukan apa yang terbaik buat dirinya."

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

infografis Aplikasi Berbalas Pesan Terpopuler

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.