Sukses

Esports Cetak Sejarah Jadi Cabor Eksibisi di PON Papua

PBESI mengumumkan esports sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi dengan tiga cabang game, yakni eFootball PES 2021, Mobile Legends, dan Free Fire.

Liputan6.com, Jakarta - Esports dipastikan akan dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi pada gelaran PON (Pekan Olahraga Nasional) XX Papua 2021. Dalam eksibisi kali ini, ada tiga cabang game yang dipertandingkan, yaitu eFootball PES 2021, Mobile Legends, dan Free Fire.

"Ini adalah pertama kali dalam sejarah di mana esports masuk dalam rangkaian PON," tutur Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo dalam konferensi pers yang digelar secara virtual.

Dia berharap, masuknya esports pada PON akan memberikan kesempatan bagi pecinta olahraga ini bertanding dan membawa nama besar daerah masing-masing. Selain itu, momen ini sekaligus wadah bagi PBESI memantau bibit atlet potensial yang tersebar di Indonesia.

Nantinya, atlet esports terbaik dalam eksibis esports PON XX Papua 2021 ini akan mendapatkan kesempatan menjalani pemusatan latihan di Pelatnas dan dibina langsung oleh PBESI. Mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti turnamen esports internasional dan mewakili Indonesia.

Tahap pendaftaran eksibisi esports PON XX Papua 2021 ini dibuka sejak 18 Agustus 2021. Para peserta yang ingin mengikuti eksibis ini harus mewakili daerah masing-masing sesuai daerah domisili KTP atau KIA, serta melakukan pendaftaran di platform Garudaku.

Setelah pendaftaran ditutup, tahap selanjutnya adalah babak kualifikasi yang akan digelar pada 26 Agustus hingga 5 September 2021. Babak kualifikasi ini bersifat terbuka dan digelar secara virtual.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kualifikasi

Babak kualifikasi ini akan mencari satu atlet atau tim terbaik dari masing-masing kategori. Karenanya, nanti ada 34 perwakilan tim dari masing-masing cabang game.

Setelah itu, atlet atau tim terbaik di setiap provinsi ini akan bertanding di ajang Pra-PON yang berlangsung pada 7 hingga 14 September 2021. Mereka akan memperebutkan 11 tim terbaik Free Fire, 5 tim terbaik Mobile Legends, dan 5 orang terbaik eFootball PES 2021.

"Semua atlet dan tim terbaik itu akan diterbangkan ke Papua untuk mengikuti babak final di main event PON XX Papua 2021, yaitu pada 22 hingga 26 September 2021," tutur Sekjen PBESI Frengky Ong.

3 dari 4 halaman

Kerja Sama dengan Publisher Game

Frengky menjelaskan, dalam penyelenggaran eksibis esports PON XX Papua 2021 ini, PB ESI bekerja sama dengan masing-masing game publisher. Karenanya, gelaran ini termasuk pendanaan dilakukan secara swadaya.

"Masing-masing game publisher mendanai dan bertanggung jawab terhadap game yang dipertandingkan, sedangkan PBESI sebagai regulator dan federasi esports resmi di bawah pemerintah Indonesia bertanggung jawab terhadap keseluruhan rangkaian acara eksibisi esports PON ini," tuturnya.

Kendati demikian, Frengky menuturkan PBESI selalu membuka ruang pada semua game esports yang ingin berkontribusi dan mengembangkan ekosistem esports di Tanah Air.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Rekor PON XIX

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.