Sukses

Fitur Baru WhatsApp Ini Hadir Perdana di Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp akhirnya secara resmi mengungkap kehadiran fitur transfer riwayat chat lintas platform dari iOS ke Android atau sebaliknya.

Lewat fitur ini, pengguna WhatsApp dapat mentransfer riwayat obrolan mulai dari pesan suara, foto, dan percakapan ke smartphone lama ke smartphone baru dengan OS berbeda.

Menariknya, fitur baru WhatsApp ini akan hadir perdana di smartphone baru Samsung, yakni Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

Fitur transfer riwayat chat lintas platform WhatsApp ini akan secara bertahap meluncur di perangkat Samsung lain, sebelum akhirnya hadir di seluruh perangkat Android dan iOS dalam beberapa bulan mendatang.

Berdasarkan video presentasi di acara Samsung Galaxy Unpacked 2021, tampaknya untuk dapat mentransfer riwayat chat dari perangkat iOS ke Android ini membutuhkan kabel data USB-C ke Lightning ketimbang mengandalkan koneksi internet.

Selain itu, jika kamu pernah mentransfer antara iOS dan Android di masa lalu dan memiliki dua backup cloud terpisah, fitur transfer baru tidak akan menggabungkannya menjadi satu riwayat obrolan.

Dilansir The Verge, Kamis (12/8/2021), WhatsApp menjelaskan, jika kamu menggunakannya untuk memigrasikan riwayat chat dan kemudian mencadangkannya, maka riwayat chat yang baru itu akan menimpa backup yang ada. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Resmi Umumkan Fitur Impor Riwayat Chat Lintas Platform

WhatsApp memperkenalkan fitur transfer riwayat chat lintas platform (Foto: WhatsApp).

Dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (12/8/2021), fitur baru WhatsApp ini disebut-sebut merupakan fitur paling dinantikan oleh pengguna.

"Untuk memindahkan riwayat obrolan ke platform lain, diperlukan mekanisme tambahan WhatsApp, sistem operasi, dan produsen perangkat untuk memastikan transfer riwayat chat tetap aman dan terjaga," kata pihak WhatsApp.

Hal ini berbeda dengan aplikasi chat kompetitor WhatsApp yang menggunakan perpesanan berbasis cloud, karena semua pesan pribadi WhatsApp terenkripsi end-to-end, sehingga tersimpan di perangkat pengguna. Sementara riwayat pesan milik aplikasi pesaing ditempatkan di cloud.

Untuk itulah, WhatsApp bersama pengembang OS dan produsen perangkat seluler di dunia berupaya agar import atau transfer riwayat chat dari satu perangkat ke perangkat lainnya bisa lebih mudah.

 

3 dari 4 halaman

Hadir Lebih Dulu di Android

Ilustrasi Whatsapp (Foto: Unsplash.com/Christian Wiediger)

"Kami senang, karena untuk pertama kali dapat membantu pengguna memindahkan riwayat obrolan WhatsApp mereka dengan aman dari satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya," tutur Paruchuri.

Nantinya, fitur ini akan hadir di Android lebih dahulu. Dengan demikian, pengguna bisa memindahkan riwayat obrolan WhatsApp mereka ke perangkat Android.

"Selanjutnya, fitur ini akan tersedia di sistem operasi lain secara berkala dalam beberapa bulan mendatang," kata Paruchuri.

(Ysl/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS