Sukses

Review RedmiBook 15: Laptop Murah dengan Performa Mumpuni

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi akhirnya secara resmi memboyong lini laptop terbarunya, RedmiBook 15, ke Indonesia.

Sejak memperkenalkan seri RedmiBook 14 pada 2019, banyak fans setia Xiaomi dan Redmi yang sudah lama menanti kapan laptop buatan perusahaan asal Tiongkok tersebut nongol di Tanah Air.

RedmiBook 15 merupakan jawaban Xiaomi untuk pengguna setianya. Tampil sebagai seri laptop perdana perusahaan di Indonesia, Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal RedmiBook 15 selama beberapa hari.

Adapun seri RedmiBook 15 yang mampir di meja redaksi hadir dengan Intel Core i3-1115G4 berkecepatan 3.00GHz, RAM 8GB, dan SSD 256GB.

Seperti apa pengalaman kami memakai RedmiBook 15 ini? Berikut ulasannya.

2 dari 6 halaman

Desain

Tampilan bodi RedmiBook 15. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Seluruh bodi RedmiBook 15 terbuat dari bahan campuran polikarbonat dan plastik dengan finishing berwarna Dark Grey. Kamu akan menemukan logo Redmi dilengkapi dengan teks bertuliskan 'Power Your Creativity" di cover penutup laptop.

Untuk keyboard, Xiaomi juga menggunakan bahan yang sama dengan bodi laptop ini. Akan tetapi, perusahaan memberikan sentuhan akhir matte. Saat dipakai untuk mengetik, kami merasa tombol sangat nyaman.

Jarak masing-masing tombol di keyboard pun cukup lega, sehingga meminimalisir kesalahan menekan tombol saat mengetik di laptop.

Tampak cover layar RedmiBook 15 lengkap dengan logo Redmi. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Touchpad yang berukuran 12.5x8.16cm di laptop RedmiBook 15 juga responsif dan presisi saat dipakai untuk berbagai aktivitas, mulai dari menjelajah internet hingga memilih teks di dokumen.

Sepanjang pemakaian kami, laptop yang memiliki bodi berukuran 36.38cm x 24.35cm x 1.9cm dan berbobot 1.8kg ini sangat mumpuni dipakai untuk mengedit dan mengetik artikel berita.

2 Port USB 3.0 dan HDMI di RedmiBook 15. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Di bagian bawah RedmiBook 15, kamu akan menemukan dudukan karet yang tingginya berbeda--depan dan belakang. Karena ini, kipas laptop dapat berfungsi maksimal untuk mendinginkan suhu perangkat bila dipakai dalam waktu yang lama.

Secara keseluruhan, minimalis adalah kata yang tepat untuk menggambarkan desain RedmiBook 15. Selain logo Redmi, perusahaan tidak terlalu "over" dalam hal ini.

Meski dibanderol seharga Rp 6.999.000, tampilan RedmiBook 15 tetap terlihat stylish layaknya sebuah laptop kelas atas.

Card reader, USB 3.0, port LAN, dan audio jack 3,5mm di RedmiBook 15. (Liputan6.com/ Yuslianson)

3 dari 6 halaman

Layar

Tampilan di layar RedmiBook 15. (Liputan6.com/ Yuslianson)

RedmiBook 15 memiliki layar IPS berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel), dan sudah mendukung DC Dimming.

DC Dimming sendiri adalah fitur yang secara otomatis mengontrol tingkat kecerahan cahaya agar tampilan di layar bebas flicker dengan memvariasikan daya yang dipasok ke sirkuit panel.

Touchpad di RedmiBook 15 responsif dan lebar saat dipakai. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Selama review, tampilan di layar RedmiBook 15 ini terbilang bagus jika dipakai di dalam ruangan dengan cahaya yang cukup.

Namun kami mendapati kemampuan layar laptop ini menurun drastis bilamana ada pantulan atau dipakai dalam kondisi cahaya terang.

Berbeda dari RedmiBook 14, Xiaomi sudah menyertakan webcam di seri RedmiBook 15 ini. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Cahaya yang masuk dari jendela memantul di layar, dan membuat tampilan di layar terlihat pudar dan sangat sulit dilihat.

Karena itu, ada baiknya bila kamu memakai RedmiBook 15 ini tidak sedang berada di bawah matahari secara langsung atau di luar ruangan.

Keyboard di RedmiBook 15 terasa nyaman saat dipakai untuk mengetik dan lainnya. (Liputan6.com/ Yuslianson)

4 dari 6 halaman

Hardware dan Performa

3D Benchmark di RedmiBook 15. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Seperti disebutkan di atas, seri RedmiBook 15 yang mampir di meja redaksi hadir dengan prosesor generasi ke-11 Intel Core i3-1115G4 berkecepatan 3.00GHz.

Mendukung performa prosesor, Xiaomi juga menyematkan RAM 8GB, GPU Intel Iris UHD, dan SSD 256GB di RedmiBook 15.

Dengan spesifikasi ini, performa laptop lebih dari cukup bila dipakai untuk penggunaan sehari-hari di kantor, kampus, atau sekolah sekalipun.

Spesifikasi RedmiBook 15 via CPU Z. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Program seperti Office, browsing di internet, dan mengedit foto memakai Adobe Photoshop di RedmiBook 15 dapat dilakukan tanpa kendala yang berarti.

Walau tidak ditargetkan untuk gamer, RedmiBook 15 tetap mampu menjalankan sejumlah judul gim.

Hanya saja, memang deretan gim triple A dan yang membutuhkan kemampuan grafis lebih tinggi tidak akan mampu dimainkan dengan laptop ini.

Selama pengujian, kami mencoba main gim-gim seperti Hades dan Little Nightmare lewat Steam. Hasilnya, kedua gim tersebut dapat dimainkan dengan lancar. 

RedmiBook 15 juga tetap mampu dipakai untuk bermain gim. (Liputan6.com/ Yuslianson)

5 dari 6 halaman

Konektivitas

Nonton Netflix di RedmiBook 15. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Soal konektivitas, RedmiBook 15 sudah mendukung sebagian besar port yang pada umumnya dipakai oleh pengguna saat ini. Diketahui, kamu dapat temukan port LAN, USB 3.0, audio jack 3,5mm, dan card reader di sisi kanan laptop.

Sementara di sisi kiri, ada lubang power, 2 port USB 3.0, dan sebuah HDMI. Walau menyediakan berbagai opsi port, Xiaomi tidak menyertakan port USB-C, lightning, dan SD atau microSD di RedmiBook 15 ini.

Berbeda dari seri RedmiBook 14, perusahaan kini sudah menyertakan webcam di lini laptop barunya ini. Dengan begini, pengguna tidak harus menghabiskan dana tambahan untuk membeli webcam saat ingin video call atau dipakai untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ).

 

6 dari 6 halaman

Kesimpulan

Tampilan di layar RedmiBook 15. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Keseluruhan, RedmiBook 15 merupakan laptop serba bisa dan sangat cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

Selama review, kami tidak menemukan kendala dengan RedmiBook 15 saat bekerja, video call, atau dipakai untuk bermain gim.

Tentunya performa ini disebabkan oleh kemampuan prosesor Intel generasi terkini, RAM 8GB, dan SSD yang terpasang di RedmiBook.

Dengan harga Rp 6,999,000, RedmiBook 15 sangat cocok bagi kamu yang mencari laptop baru untuk bekerja ataupun PJJ di selama pandemi Covid-19 ini.

(Ysl/Isk)