Sukses

Galaxy Z Fold 3 Bakal Didukung S Pen Pro?

Galaxy Z Fold 3, smartphone layar lipat terbaru dari Samsung yang digadang-gadang diluncurkan pada 11 Agustus mendatang bakal didukung dengan S Pen Pro, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung tampaknya serius menghadirkan dukungan stylus S Pen pada produk smartphone layar lipat barunya, Galaxy Z Fold 3. Sebelumnya telah banyak bocoran yang menyebut smartphone layar lipat Samsung akan mendapatkan fitur ini.

Dalam laporan terbaru The Verge yang dikutip Selasa (13/7/2021), informasi mengenai dukungan pena digital untuk Galaxy Z Fold 3 ini berdasarkan pada pengajuan FCC Samsung untuk smartphone tersebut.

Dalam pengajuan FCC, smartphone layar lipat Samsung akan kompatibel dengan S Pen Pro, versi lebih besar dari S Pen. S Pen Pro didukung konektivitas Bluetooth dan telah diumumkan Samsung pada Januari lalu, ketika perilis Galaxy S21 series.

Dokumen pengajuan FCC ini dipublikasikan dalam file PDF, mengungkap bahwa S Pen Pro bisa dipakai untuk Galaxy Z Fold 3 yang belum diumumkan.

S Pen Pro juga tampaknya akan mendukung Galaxy S21 Ultra, jajaran Note 20, Note 10 Lite, Tab S7 seris, Tab S6 yang didukung One UI 3.1 atau setelahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Diungkap Sebelumnya

Dukungan S Pen Pro untuk Galaxy Z Fold 3 memang sudah bukan kejutan besar. Pasalnya, Samsung memang telah mengisyaratkan dukungan S Pen untuk smartphone layar lipatnya.

Dalam acara Unpacked tahun sebelumnya, Presiden Mobile Samsung TM Roh dalam Q&A menyebut, perusahaan "senang mendengar" bahwa pengguna menginginkan S Pen bisa dipakai di Fold.

Dalam blog Desember lalu, TM Roh juga mengatakan, "perusahaan sedang mencari cara untuk membawa beberapa fitur yang paling disukai pada Galaxy Note untuk hadir di perangkat lain."

3 dari 3 halaman

Hadirkan Pengalaman Note di Lini Smartphone Lainnya

Salah satunya adalah stylus yang merupakan keunggulan utama dari lini Galaxy Note. Januari lalu, TM Roh bahkan secara eksplisit menyebut, Samsung berupaya memperluas pengalaman S Pen di seluruh kategori perangkat tambahan di masa depan.

Sebelumnya, bocoran terperinci dari leaker Evan Blass menggambarkan seperti apa Galaxy Z Fold 3 dengan S Pen yang ada di sebelah perangkat.

Mungkinkah Galaxy Z Fold 3 akan hadir dengan stylus Fold Edition di dalam boks dan S Pen Pro yang dijual terpisah?

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini