Sukses

Begini Cara Blokir Channel YouTube yang Mengganggu

Terganggu konten dari channel tertentu? Ikuti cara berikut ini untuk memblokirnya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya konten yang ada di YouTube terkadang tidak selalu tampil sesuai dengan keinginan kita.

Meski telah dilengkapi oleh algoritma untuk merekomendasikan konten sesuai, tidak menutup kemungkinan muncul konten yang tidak dikehendaki di feed.

Ketika melihat timeline YouTube, pasti ada saja terselip konten yang tidak kamu sukai. Untuk menghentikan video tersebut kembali muncul, kamu bisa memblokirnya.

Selain itu, kamu juga bisa memblokir channel tertentu untuk memberikan komentar di video-video buatan kamu di YouTube. Bagaimana caranya? ikuti caranya seperti dikutip dari How To Geek, Senin (5/7/2021) berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menghilangkan Video dari Timeline

Perlu diingat, dengan memblokir channel ini berlaku di semua perangkat yang menggunakan akun YouTube atau Google yang sama.

Cara pertama, melalui YouTube versi website. Setelah masuk ke platform, cari channel yang ingin diblokir untuk tidak menampilkan konten di timeline kamu.

Kemudian, klik ikon titik tiga di sisi kanan atas. Nanti akan tampil menu dropdown, pilih ‘Don’t Recommend Channel’.

Dengan begitu, kamu tidak akan lagi melihat konten dari channel tersebut di timeline YouTube.

Di smartphone, caranya tidak jauh berbeda. Buka aplikasi YouTube di perangkat Android, iPhone, atau iPad.

Ini bisa dilakukan langsung di timeline, setelah menemukan konten yang ingin diblokir, klik pada titik tiga di sisi kanan judul video.

Pilih ‘Don’t Recommend Channel’ dari menu yang muncul.

 

3 dari 3 halaman

Blokir Channel Agar Tak Bisa Mengomentari

Langkah ini bisa kamu lakukan bisa merasa terganggu dengan channel yang sering spam komentar, atau mengandung komentar yang mengganggu.

Melalui YouTube versi web, kunjungi situs YouTube. Kemudian, temukan channel yang ingin kamu blokir. Setelah muncul nama channel, klik menu About pada daftar yang ada.

Pada tab About, di sisi kanan ada ikon bendera berwarna abu-abu. Klik ikon tersebut dan pilh menu ‘Block User’.

Itu akan memunculkan dialog box, klik Submit. Itu akan menyetop akses bagi channel tersebut mengomentari semua konten milik kamu.

Jika ingin melakukan dari smartphone, cukup buka aplikasi YouTube.

Kunjungi channel yang ingin kamu blokir. Kali ini caranya sedikit berbeda, bukan ikon bendera, tapi ikon titik tiga di sudut kanan atas.

Pilih menu ‘Block User’. Setelah itu klik ‘Block’.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini