Sukses

Apple Rilis macOS 12 Monterey Versi Beta Publik Pertama

Selain para pengguji beta, macOS 12 Monterey versi beta publik pertama ini juga dapat diakses oleh para pengguna umum via website software beta Apple.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan telah menggulirkan macOS 12 Monterey versi beta publik pertama ke para penguji, dan memungkinkan pihak non-pengembang menguji software baru tersebut ebelum rilis ke publik.

Para penguji beta publik dapat mengunduh update macOS 12 Monterey melalui Software Update pada System Preference, dan telah menginstal profil dari website software beta Apple.

Sistem operasi terbaru besutan Apple ini memperkenalkan beberapa pembaruan besar untuk macOS. Salah satunya adalah Universal Control, memungkinkan satu mouse, trackpad, dan keyboard digunakan di beberapa perangkat Mac atau iPad.

Mengutip MacRumors, Sabtu (3/7/2021), kini penguji juga bisa langsung terhubung ke Mac dari iPhone, iPad, dan Mac lainnya via AirPlay.

Browser Safari pun mendapat bilah tab yang diperbarui dengan dukungan Tab Group sehingga dapat lebih mudah mengatur banyak tab sekaligus.

Apple juga menyertakan fitur audio spasial dan Voice Isolation di FaceTime yang berfungsi menghilangkan kebisingan di sekitar pengguna.

Khusus untuk Mac M1, FaceTime akan mendapatkan dukungan Portrait Mode. Kemudian, fitur SharePlay FaceTime‌ memungkinkan pengguna Apple TV menonton TV, mendengarkan musik, dan berbagi layar satu sama lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Shared With You

Ada juga Shared With You. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendeteksi musik, tautan, podcast, berita, dan foto yang dikirim seseorang melalui aplikasi pesan, meng-highlight-nya di aplikasi yang relevan.

Selanjutnya, aplikasi Notes memiliki fitur Quick Note untuk mencatat lebih singkat, dan aplikasi Shortcuts kini tersedia di Mac.

Focus Mode akan membantu pengguna untuk lebih fokus terhadap apa yang sedang dilakukan, dengan cara menghentikan gangguan dari aplikasi yang beroperasi di background. Aplikasi Maps juga mendapatkan sejumlah fitur baru.

Dengan dukungan Live Text, kini Mac dapat mendeteksi teks di dalam foto atau memberikan informasi detail tentang hewan, seni, landmark, tumbuhan, dan lainnya yang ada dalam gambar.

Mail Privacy Protection akan menyembunyikan IP dan mencegah pelacakan melalui piksel tak terlihat, dan iCloud Private Relay menjaga penjelajahan di Safari tetap terlindungi.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menginstal macOS 12 Monterey Beta

Mengutip 9to5Mac, Jumat (2/7/2021), langkah pertama yang perlu dilakukan yakni dengan membuat cadangan baru di perangkat Mac. Sebagai antisipasi untuk kamu ingin men-downgrade suatu saat nanti.

Lalu, buka situs website beta publik Apple. Klik Sign In di sudut kanan atas. Di halaman Panduan untuk Beta Publik, pilih macOS.

Gulir ke bawah di bawah bagian Get Started dan klik enroll your Mac untuk mendaftarkan perangkat kamu.

Gulir ke bawah lagi dan klik Download macOS Public Beta Access Utility. Kemudian buka folder Download di perangkat.

Klik dua kali untuk memasang gambar disk utilitas, dan klik dua kali pada file Access Utility.pkg untuk menginstal profil beta macOS di perangkat Mac.

Pada bagian System Preference, pilih Software Update. Itu secara otomatis akan muncul jendela macOS 12 Monterey secara otomatis, klik Download untuk mengunduh file berukuran 12GB.

Setelah unduhan selesai, akan muncul jendela untuk menginstal macOS Monterey, klik Next dan ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan instalasi macOS Monterey beta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.