Sukses

3 Hal yang Harus Dilakukan Jika Kamu Korban Kebocoran Data

Jika jadi korban kebocoran data, kamu perlu mengamankan akun dengan tiga cara ini agar tak terjadi lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Warganet kembali dihebohkan dengan kabar kebocoran data dari 279 juta penduduk Indonesia yang disebut-sebut bersumber dari BPJS Kesehatan.

Bukan pertama kali, beberapa waktu lalu, sempat juga terjadi kebocoran data yang dialami oleh beberapa kampus, seperti Universitas Diponegoro hingga kabar data bocor di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Tentu, menghadapi hal tersebut, agar tak mendapat kerugian yang lebih jauh lagi, kamu perlu maintenance akun kamu.

Berikut tiga langkah yang perlu kamu lakukan jika jadi korban kebocoran data.

Ganti Password

Password jadi yang paling penting ketika menghadapi kebocoran data. Sesegera mungkin kamu perlu mengubah password akun kamu, bukan hanya akun terkait saja, tapi sebisa mungkin seluruh akun kamu.

Alasannya, bisa jadi atas kesamaan password yang kamu gunakan, pembobol akun akan menggunakannya ke akun kamu yang lainnya.

Guna memastikan kekuatan password yang kamu pakai, coba kombinasikan antara huruf kecil, angka, dan kapital. Bisa juga kamu tambahkan simbol tertentu agar lebih aman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Two-step verification atau verifikasi dua langkah memungkinkan kamu untuk memberikan izin akses untuk masuk ke akun. Biasanya, pengguna akan mendapatkan notifikasi berupa pin yang perlu diinput ketika membuka akun yang dituju sebagai langkah lanjutan.

Cara ini dirasa lebih ampuh karena kamu jadi mampu memberikan kontrol berlebih jika terjadi pembobolan pada akun kamu.

Banyak aplikasi media sosial saat ini yang sudah melengkapi layanannya dengan two-step verification. Guna memastikan lebih aman, kamu perlu aktifkan fitur ini di hampir seluruh akun yang kamu miliki.

Senagai informasi, kamu bisa menggunakan Authenticator App untuk menjamin keamanan berlebih ketimbang verifikasi manual melalui SMS.

 

3 dari 3 halaman

Password Manager

Pada kondisi kamu memiliki banyak akun dan dengan password yang berbeda, terkadang sulit untuk mengingatnya satu persatu.

Menggunakan aplikasi password manager bisa membantu kamu guna mengatur sandi yang kamu gunakan untuk beberapa akun tersebut.

Dengan begitu, kamu juga tidak perlu khawatir password yang kamu gunakan tadi tertukar atau terlupakan.

Perlu diingat untuk menggunakan password manager yang legal, karena tentu akan menjamin keamanan lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini