Sukses

Layanan Streaming Audiobook dan E-Book Storytel Bakal Masuk Indonesia

Layanan streaming audiobook dan e-book Storytel bakal masuk ke Indonesia, sebelumnya layanan ini dirilis di India pada 2017 dan kini telah menjangkau pecinta buku di 25 negara di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan audiobook berlangganan dan e-book streaming Storytel bakal resmi beroperasi di Indonesia. Rencananya, Storytel akan masuk Indonesia pada paruh kedua 2021.

Sebelum Indonesia, Storytel sebelunya hadir di kawasan Asia Pasifik selama 4 tahun, dimulai dari India pada 2017, Singapura, dan Korea Selatan pada 2019, dan Thailand pada 2020. Kini Storytel menjangkau pecinta buku di 25 negara di dunia.

Untuk mempersiapkan peluncuran layanan audiobook berlangganan ini, Storytel menunjuk Indriani Widyasari sebagai Country Manager Storytel Indonesia.

Regional Manager Storytel Asia Pasifik Elin Torntensson mengatakan, penunjukkan Country Manager merupakan awal yang penting dari rencana peluncuran layanan Storytel di Indonesia.

"Adapun tugas Country Manager adalah untuk memperkenalkan konsep audiobook agar bisa diterima masyarakat," kata Torntensson, dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Minggu (2/5/2021).

Ia berharap, buku-buku berbahasa Indonesia akan memperkaya database layanan audiobook Storytel yang kini menjangkau 340 juta pengguna di Asia Pasifik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasar Audiobook Global

Storytel memperkirakan, saat ini nilai pasar audiobook global menyentuh angka USD 4,7 miliar dan akan tumbuh 15 persen per tahun, hingga 2030.

Pertumbuhan ini didukung popularitas audiobook dan e-book yang cenderung meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Di era modern, minat orang terhadap literatur bergeser ke bentuk digital seperti audiobook yang mudah diakses dari perangkat mobile.

Kehadiran audiobook diharap bisa memperkuat pasar sekaligus peluang baru bagi penulis dan penerbit buku.

Survei perilaku konsumen Audio Publishers Association (APA) menyebut, 60 persen pendengar mendengarkan audiobook sembari bersantai di rumah.

3 dari 3 halaman

Orang Dewasa Jadi Pasar Storytel

Karena keserbagunaan industri ini, audiens dewasa diperkirakan akan berlangganan layanan audiobook dalam skala besar. Bahkan, audiobook diprediksi menjadi tren baru bagi penghobi buku bacaan di Indonesia.

"Storytel telah mempersiapkan dan melakukan edukasi mengenai platform audiobook streaming yang bisa didengarkan sambil bersantai, olahraga, atau pulang pergi kerja, atau aktivitas keseharian lainnya," kata Indriani.

Indriani sendiri memiliki pengalaman lebih dari 11 tahun di dunia bisnis digital Indonesia. Ia pernah menjadi Direktur Pemasaran di platform teknologi dan perdagangan fashion Zilingo dan Country Manager di digital startup Paktor.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.