Sukses

Charles Geschke, Co-founder Adobe dan Kreator PDF Meninggal Dunia

Charles Geschke dan Dr. John Warnock mendirikan Adobe pada 1982 usai meninggalkan pekerjaannya di Xerox, dan mengembangkan teknologi PDF.

Liputan6.com, Jakarta - Adobe baru saja mengonfirmasi Co-founder mereka, Dr. Charles Geschke, telah meninggal dunia pada 16 April 2021.

Adapun Charles Geschke dan Dr. John Warnock mendirikan Adobe pada 1982 usai meninggalkan pekerjaannya di Xerox.

Selama berkiprah di Adobe, Charles atau yang akrab dipanggil Chuck ini bertindak sebagai COO, presiden dan ketua dewan perusahaan antara 1986 dan 2017. Dia pun masih aktif di perusahaan sebagai anggota dewan hingga April 2020.

Walau tidak sepopuler Steve Jobs, Bill Gates, atau Jeff Bezos, kebanyakan dari kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang dikembangkan--dan dipakai saat ini juga--oleh Charles Geschke ini.

Chuck adalah salah satu sosok utama yang bertanggungjawab menciptakan Portable Document Format atau lebih dikenal sebagai PDF. Meninggal dunia di usia 81 tahun, Charles Geschke telah memicu revolusi penerbitan di desktop.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilar Pengembangan Software Adobe

logo adobe (sumber: pinterest)

Selain PDF, Charles bersama John juga ikut berperan besar dalam pengembangan software lainnya, termasuk Acrobat, Illustrator, Premiere Pro, dan Photoshop.

"Kepergian Charles merupakan kehilangan yang luar biasa besar bagi komunitas Adobe dan industri teknologi, yang telah menjadi mentor dan pahlawannya selama beberapa dekade," tulis CEO Adobe, Shantanu Narayen, dalam email kepada karyawan perusahaan.

 

3 dari 3 halaman

Sempat Diculik

Pada 1992, Charles sempat menjadi korban penculikan dan dibawa ke Hollister, California, Amerika Serikat. Dia disekap selama 4 hari.

Charles berhasil bebas setelah tersangka yang ditangkap polisi membawanya ke lokasi tempat dirinya disekap, sebagaimana dilaporkan Associated Press.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini