Sukses

Aplikasi APKPure Diserang Trojan, Bagaimana Nasib Smartphone Android yang Sudah Instal?

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi APKPure rupanya telah disusupi malware berjenis Trojan. Demikian menurut temuan dari perusahaan keamanan siber Kaspersky.

Kehadiran APKPure memang diakui menjadi salah satu toko alternatif bagi smartphone yang tidak dibekali Google Mobile Service (GMS).

APKPure selalu menekankan, aplikasi di toko mereka dipindai oleh Google dan sepenuhnya aman. Namun belakangan Kaspersky malah mengungkap, aplikasi APKPure yang justru belum lulus dari pengujian karena disusupi malware.

"APKPure versi 3.17.18 dilengkapi dengan SDK iklan, satu dengan Trojan dropper tertanam yang dideteksi solusi Kaspersky," kata Peneliti Keamanan Kaspersky, Igor Golovin.

Lebih lanjut disebutkan pula, malware tersebut dalam menampilkan iklan di layar kunci, membuka tab browser, mengumpulkan informasi tentang perangkat, dan mengunduh software perusak lainnya.

Nah Kaspersky pun mengungkap apa saja yang bisa terjadi di Android yang sudah menginstal APKPure.

2 dari 3 halaman

Apa yang Terjadi?

Trojan yang diunduh (selain yang terpasang di aplikasi APKPure bawaan) akan bergantung pada versi Android dan seberapa sering vendor smartphone merilis update keamanan.

Jika pengguna memiliki versi OS relatif baru, misalnya Android 8 atau yang lebih tinggi yang tidak memberikan izin root diam-diam, maka itu memuat modul tambahan untuk Trojan Triada. Modul-modul ini bisa membeli langganan premium dan mengunduh malware lainnya.

"Jika perangkat memakai Android 6 atau 7 dan tanpa instal update keamanan, mudah untuk di-rooting dan itu bisa menjadi Trojan xHelper," kata Golovin.

Trojan xHelper sendiri memungkinkan penyerang melakukan semua hal yang diinginkan pada perangkat.

3 dari 3 halaman

Tips untuk Android yang Sudah Instal APKPure

Berikut tips dari Kaspersky untuk melindungi perangkat dari aplikasi APKPure yang terinfeksi trojan:

- Jika pengguna tidak memakai APKPure, tidak perlu khawatir

- Jangan pernah unduh aplikasi dari sumber tidak resmi dan blokir pemasangan aplikasi dari sumber pihak ketika di Setting Android

- Gunakan solusi keamanan andal yang bisa memindai semua file baru

- Update semua aplikasi dan OS secara teratur

Jika sudah terlanjur menggunakan aplikasi APKPure, disarankan:

- Update aplikasi ke versi yang sudah memperbaiki isu terkait, yakni APKPure versi 3.17.19 atau yang lebih baru

- Jalankan pemindaian antivirus lengkap pada perangkat.

(Tin/Ysl)