Sukses

Begini Cara Sematkan Video YouTube di Dokumen Word

Liputan6.com, Jakarta - Menyematkan data pendukung dalam dokumen bisa jadi pilihan untuk melengkapi laporan. Selain dari data tabel atau gambar, ternyata kamu juga bisa menambahkan video dari YouTube untuk disematkan.

Nah bagaimana caranya menyematkan video dari YouTube ke dokumen kamu? Daripada penasaran, simak ulasan singkat yang telah dirangkum Tekno Liputan6.com dari How To Geek, Minggu (11/4/2021).

Sebelum memulai, buka YouTube dari browser yang kamu miliki, seperti Chrome. Kemudian, cari video yang ingin kamu sematkan di dokumen. Selanjutnya, buka video tersebut.

Lalu, di bagian bawah kotak video, ada banyak pilihan action, klik ‘Share’. Setelah mengetuk ‘Bagikan’, ketuk pada opsi ‘Embeded’.

Kamu akan melihat kotak perintah berisi tulisan, lalu klik ‘Copy’ di sisi kanan bawah kotak.

Jika ingin mengatur waktu mulai video, kamu bisa ketuk pilihan ‘Start from’ di sisi bawah kiri dan tentukan detik keberapa video akan dimulai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Dokumen Word

Selanjutnya, kamu cukup membuka dokumen Word yang ingin disematkan video. Caranya mudah, cukup ketuk pada bilang ‘Insert’. Kemudian, pada kolom ‘media’ ketuk ‘online video’.

Setelah itu akan keluar kotak perintah, pilih ‘From a Video Embed Code’. Lalu, masukkan tulisan yang telah kamu salin sebelumnya saat membuka video YouTube.

Setelah menyetujui, akan keluar kotak dengan tombol ‘Start’ ditengahnya. Ketika kamu mengetuknya, video yang tadi kamu pilih untuk disematkan telah bisa langsung ditonton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini