Sukses

Yahoo Answers Akan Tutup pada Mei 2021

Ada kabar tak menyenangkan bagi kamu pengguna aktif Yahoo Answear, karena layananan ini akan ditutup pada 4 Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Yahoo Answers adalah salah satu platform yang berguna jika kamu ingin menemukan jawaban atas pertanyaan yang kamu cari di internet.

Hal itu akan terus muncul dalam hasil pencarian, terutama untuk pertanyaan yang mungkin tidak ada di situs web atau komunitas khusus.

Namun sayangnya, platform itu akan segera dimatikan. Demikian sebagaimana dilansir Ubergizmo, Rabu (7/4/2021).

Menurut pesan yang disematkan di bagian atas situs web Yahoo Answers, mereka mengumumkan bahwa layanan akan ditutup pada 4 Mei 2021.

"Yahoo Answers ditutup pada 4 Mei 2021 (Waktu Bagian Timur) dan mulai 20 April 2021 (Waktu Bagian Timur) situs web Yahoo Answers akan dalam mode hanya-baca. Tidak akan ada perubahan pada properti atau layanan Yahoo lainnya, atau akun Yahoo kamu," demikian isi pesan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alasan Penutupan Platform

Dalam pesan yang dikirim ke beberapa anggota aktif Yahoo Answers, perusahaan mengungkapkan alasan penutupan platform.

"Meskipun Yahoo Answers pernah menjadi bagian penting dari produk dan layanan Yahoo, ini menjadi kurang populer selama bertahun-tahun karena kebutuhan anggota kami telah berubah," tulis Yahoo.

"Untuk itu, kami memutuskan untuk mengalihkan sumber daya kami dari Yahoo Answers untuk berfokus pada produk yang melayani anggota kami dengan lebih baik dan memenuhi janji Yahoo untuk menyediakan konten premium tepercaya," sambungnya.

Bagi mereka yang telah mem-posting pertanyaan atau menjawab pertanyaan di platform, kamu memiliki waktu hingga 30 Juni untuk meminta data kamu dari Yahoo, dan setelah itu kamu tidak dapat lagi mengaksesnya.

3 dari 5 halaman

Penutupan Yahoo Groups

Sebelumnya, Verizon memutuskan untuk menutup forum online Yahoo Groups pada 15 Desember 2020. Dengan keputusan ini, laman groups.yahoo.com tak akan bisa diakses secara permanen.

Verizon yang membeli Yahoo di tahun 2017 mengumumkan keputusan ini melalui email ke para pengguna Yahoo Groups. Selain itu, perusahaan juga mengunggah pemberitahuan di laman Yahoo Groups.

Dengan pengumuman ini, era Yahoo Groups sebagai sebuah forum online terbesar di dunia pun bakal berakhir.

Mengutip laman ZDNet, Rabu (14/10/2020), Yahoo Groups memiliki sejarah panjang. Forum online milik Yahoo ini dirilis 19 tahun lalu, tepatnya di tahun 2001.

Namun popularitasnya kian terpinggirkan seiring dengan kehadiran forum online yang lebih baru, seperti Reddit, Google Group, dan Group Facebook.

Para pengguna pun mulai meninggalkan Yahoo Groups dan berpindah ke layanan forum online yang lebih baru.

Sementara itu, saat Yahoo dibeli Verizon, operator telekomunikasi ini tidak memiliki rencana untuk menghidupkan kembali Yahoo Groups.

4 dari 5 halaman

Jumlah Pengguna Terus Menurun

"Penurunan pengguna (Yahoo Groups) stabil selama beberapa tahun terakhir," begitu kata Verizon, bicara tentang tidak adanya rencana perusahaan menghidupkan kembali Yahoo Groups.

Selanjutnya, Verizon malah menghentikannya secara bertahap sejak tahun lalu. Sebelumnya perusahaan sudah mengumumkan penutupan layanan forum Yahoo Groups pada Oktober 2019.

Waktu itu, Verizon mengumumkan, pengguna tidak akan bisa lagi membuat konten diskusi baru di Yahoo Groups setelah 21 Oktober 2019. Perusahaan pun berencana menghapus seluruh konten diskusi lawas pengguna pada 14 Desember 2019.

Verizon secara misterius juga menghentikan upaya pengguna untuk mengarsipkan diskusi lama mereka di laman tersebut.

5 dari 5 halaman

Disarankan Mulai Pindah Forum

Pengguna pun perlahan mulai kehilangan kemampuan untuk mengunggah diskusi di Yahoo boards. Meski begitu mereka masih bisa membuat grup baru dan mengobrol via email massal dengan semua anggota grup sekaligus.

Selanjutnya, layanan tersebut dijadwalkan tutup permanen pada akhir 2020. Menurut Verizon, mulai hari ini, pengguna Yahoo bahkan tidak bisa membuat grup baru.

Hanya fungsi email yang akan tetap dibiarkan aktif. Namun setelah 15 Desember 2020, layanan apapun tak akan lagi bisa dipakai.

Verizon pun mengajak seluruh anggota Yahoo Groups yang tersisa untuk mulai pindah ke layanan lain, sebelum email (fitur mailing list di Yahoo Groups) mulai tak bisa digunakan. 

(Isk/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini