Sukses

Waspada, Hacker Bisa Retas Akun via DM Instagram

Pengguna Instagram mengeluhkan telah menerima DM yang menyebutkan salah satu postingan mereka telah melanggar hak cipta, padahal itu pesan tipuan.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, sejumlah pengguna Instagram mengeluhkan telah menerima Direct Message (DM) yang dikirim oleh perusahaan milik Facebook tersebut.

Pengirim mengklaim dari divisi ‘Copyright Help Center’ atau ‘Pusat Bantuan Hak Cipta’ Instagram dengan tujuan memberitahu salah satu postingan pengguna telah melanggar hak cipta.

Pengguna pun diminta untuk menghapus postingan atau dapat mengklik tautan yang disertakan di dalam pesan DM Instagram itu.

Nah, lewat link tersebut pengguna Instagram pun digiring ke situs penipuan yang mampu mengambil informasi detail tentang korbannya.

Banyak dikeluhkan pengguna, Instagram pun buka suara dan memperingatkan pengguna pesan DM itu merupakan upaya hacker untuk mengambil alih akun pengguna.

Lewat postingan di akun Twitter Instagram, Jumat (2/4/2021), perusahaan menegaskan tidak akan pernah menghubungi pengguna secara langsung via DM.

Instagramjuga memperingatkan pengguna untuk berhati-hati terhadap metode penipuan semacam ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anjuran dari Instagram

ilustrasi instagram | pexels.com/@fotios-photos

Lebih lanjut, Instagram juga meminta pengguna platform media sosial tersebut agar selalu mengamankan akun.

“Kamu mungkin akan mendapatkan email yang tampak seperti dikirim dari Instagram, tetapi mereka sebenarnya bukan,” tulis Instagram.

“Hindari peretasan dan menjadi korban phishing dengan mengecek settings atau pengaturan kami menghubungi kamu. Bila tidak ada? Berarti pesan itu bukan dari kita.”

 

3 dari 3 halaman

Tips Amankan Akun dari Instagram

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Karena banyak yang menjadi korban, Instagram pun mengajurkan pengguna untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA) sehingga menambahkan langkah ke proses login.

Jika ada yang ingin mengecek pesan yang dikirim oleh Instagram, pengguna dapat masuk ke aplikasi buka menu Settings atau Pengaturan.

Kemudian, cukup klik Privacy (Privasi) dan kemudian Email from Instagram (Email dari Instagram).

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.