Sukses

Apple Watch Selamatkan Nyawa Pria Ini Saat Jatuh ke Sungai Beku

Seorang guru selancar es berpengalaman baru-baru ini terselamatkan nyawanya oleh Apple Watch saat dirinya terjatuh ke sungai membeku.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang guru selancar es berpengalaman baru-baru ini terselamatkan nyawanya oleh Apple Watch saat dirinya terjatuh ke danau membeku.

Mengutip Phone Arena, Jumat (12/3/2021), hal ini terjadi ketika peselancar veteran yang bernama William Rogers sedang menikmati waktu sendiri meluncur di atas es membeku.

Tanpa dia sadari, lapisan es di perairan Salmon Falls Rivers di Somersworth itu yang dikira masih membeku ternyata sudah mulai mencair karena cuaca musim semi.

Alhasil, William terjatuh ke sungai yang masih dingin tersebut. Dia pun berjuang selama beberapa menit, tetapi tidak bisa keluar dan berpotensi diserang hipotermia.

"Hal pertama yang saya lakukan adalah mencoba berjalan di atas es, dan menyadari saya harus keluar dari air secepat mungkin tetapi pijakan es terus pecah di bawah saya," ucap William.

Sempat panik, William ingat masih memakai Apple Watch dan menggunakannya untuk menghubungi layanan darurat.

Selang 5 menit, petugas pemadam kebakaran pun datang dan menyelamatkan dirinya berkat fitur di Apple Watch.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Emergency SOS

Apple Watch Series 3. (Doc: Apple)

Informasi, semua versi Apple Watch menampilkan fitur Emergency SOS yang mampu melakukan panggilan ke nomor darurat 911 dengan cepat menggunakan sejumlah cara.

Apple Watch juga hadirkan fitur pendeteksi jatuh yang saat diaktifkan, otomatis akan memanggil 911 jika mendeteksi penggunanya terjatuh dan tidak sadarkan diri selama satu menit.

Apple Watch Series 5 atau lebih baru memungkinkan pengguna menelepon layanan darurat dari hampir semua tempat di dunia selama memiliki layanan seluler, dengan meneruskan panggilan ke responden pertama di daerah itu.

3 dari 3 halaman

Apple Watch Selamatkan Seorang Pria dari Serangan Jantung

Aplikasi Spotify mandiri di Apple Watch. Dok: appleinsider.com

Seorang pria bernama Scott Killian tak pernah membayangkan hidupnya akan selamat berkat Apple Watch. Namun hal itu benar-benar terjadi beberapa minggu lalu.

Pada suatu malam, beberapa minggu lalu Killian terkena serangan jantung. Mengutip laman 9to5Mac, Senin (18/12/2017), pekerjaannya sebagai pengacara membuat Killian memiliki stress level tinggi.

 Killian yang mengenakan Apple Watch mengatakan, jam pintar tersebut membangunkannya pada pukul 1 pagi melalui notifikasi dari aplikasi HeartWatch. Aplikasi tersebut mendeteksi detak jantung Killian mengalami peningkatan tinggi saat dia sedang tertidur.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.