Sukses

Begini Detail Kemampuan Snapdragon 888, Prosesor Teranyar Qualcomm

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm Indonesia memperkenalkan prosesor teranyarnya, Snapdragon 888. Seperti diketahui, Xiaomi Mi 11 menjadi smartphone pertama yang menggunakan prosesor ini.

Lalu, seperti apa detail dari kemampuannya? Berikut beberapa hal yang hadir menjadi pembaru di kelas prosesor, Snapdragon 888.

Dilengkapi dengan tiga image signal processor (ISP) sekaligus, yakni Qualcomm Spectra 580, memungkinkan prosesor ini dapat mengakomodasi pengerjaan yang dilakukan smartphone hingga 25 persen lebih cepat.

Kemudian, dengan teknologi yang sudah difabrikasi 5nm, penggunaan daya juga dapat lebih hemat.

Hadirnya Kyro 680 sebagai CPU-nya juga mendukung performa tersebut.

“Dengan tiga ISP, bikin performa kameranya bisa lebih optimal,” kata Senior Manager, Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto, dalam Innovation Talk: Qualcomm Snapdragon 888, Senin (8/3/2021) sore.

Dengan demikian, sistem akan memroses foto atau data gambar dengan kecepatan 2,7 gigapiksel per detik. Snapdragon sebelumnya diketahui hanya mampu memroses dengan kecepatan 2 gigapiksel per detik.

“Jadi akan lebih cepet, ada koreksi dari sistem nantinya. Dengan Snapdragon ini tentunya jadi maksimal,” tambahnya.

 

2 dari 3 halaman

Konektivitas

Dari segi konektivitas, prosesor ini dilengkapi dengan snapdragon X60 Modem RF-System generasi ketiga. Artinya, telah mendukung teknologi WiFi-6 dan 6i yang mana akan menunjang konektivitas jadi lebih cepat.

FastConnect 6900 6GHz, 4K QAM, dan Bluetooth 5.2 juga disematkan dalam prosesor ini. Dengan demikian, pengalaman pengguna yang memanfaatkan koneksi Bluetooth seperti penggunaan Wireless Headset akan semakin nyaman.

Dominikus menambahkan, di era yang penuh dengan produksi visual seperti foto dan video, kemampuan prosesor menjadi penting. Pada Snapdragon 888 ini juga akan mendukung fungsi HDR pada video, yang biasanya hanya hadir pada foto.

Kemudian, prosesor ini juga mendukung pengambilan gambar dalam cahaya rendah hingga pada titik 0,1 Lux.

“Artinya kalau memotret di malam hari bisa mengandalkan cahaya bulan, tanpa penerangan tambahan,” ucapnya.

Pada kemampuan kamera, Snapdragon 888 juga mendukung 10-bit HDR HEIF Photo Capture. Maksudnya, bisa menangkap miliaran kombinasi warna.

Di sisi lain, ukuran foto yang biasanya berukuran besar, adanya HEIF ini akan mereduksi ukurannya hingga hampir 50 persen.

 

3 dari 3 halaman

AI Generasi Keenam

Terkait sistem Artificial Intelligence (AI), perusahaan menyebut telah menggunakan AI generasi keenam. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, memiliki kemampuan yang signifikan.

Dengan asumsi pengerjaan smartphone perlu kemampuan perhitungan yang cepat, maka dari itu AI dalam Snapdragon 888 ini dapat mencapai kerja maksimal 26 triliun operation per detik. Jadi, jika dibandingkan, ini dapat disebut dua kali lipat lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Ia kemudian memberikan contoh kemampuan AI pada prosesor teranyarnya tersebut.

“Contohnya, penggunaan voice command dari jarak cukup jauh juga bisa. Kita ngomong dalam dua bahasa yang berbeda juga ini udah bisa support,” ungkapnya

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa