Sukses

LG Akan Setop Pengembangan Smartphone Layar Gulung?

Liputan6.com, Jakarta - LG sempat membuat kaget publik dengan memperkenalkan smartphone layar gulung di gelaran CES 2021. Saat diungkap, perusahaan asal Korea Selatan itu juga menyebut akan merilisnya di ke publik.

Namun laporan terbaru dari media Korea Selatan, Yonhap, LG disebut bakal membatalkan rencana tersebut. Hal itu dari informasi sumber anonim yang mengatakan LG telah meminta pemasok komponen smartphone ini menunda produksinya.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (24/2/2021), salah satu pemasok tersebut adalah BOE yang dikontrak untuk membuat layar. LG sendiri belum memberikan komentar resmi terkait laporan ini.

Untuk diketahui, LG memperkenalkan smartphone layar gulung besutannya dengan nama LG Rollable. Smartphone itu diungkap melalui video singkat. 

Meski hanya video singkat, Nikkei Asia ketika itu melaporkan juru bicara LG memastikan smartphone layar gulung ini akan meluncur di pasaran pada akhir 2021.

Sayang, perusahan memang tidak mengungkap informasi lain mengenai smartphone ini. Karenanya dengan ada laporan terbaru, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari LG mengenai kelanjutan proyek ini.

2 dari 3 halaman

LG Bantah Rumor Perusahaan Mau Setop Bisnis Smartphone

Di sisi lain, LG membantah rumor yang menyebut perusahaan akan menghentikan bisnis smartphone LG.

Sebelumnya rumor ini pertama dilaporkan oleh The Elec, yang diduga mengutip memo internal LG di Korea.

Memo internal itu menyebutkan, perusahaan kemungkinan menghentikan bisnis smartphone. Rencananya, pengumuman akan penghentian bisnis smartphone ini disebut-sebut akan dilakukan pada akhir Januari 2021.

Laporan yang menyebut LG akan menghentikan bisnis smartphone ini telah dihapus. Sementara, pihak LG Electronics melalui Head of Global Corporate Communications, Ken Hong mengumumkan, isu tersebut tidaklah benar.

"Jelas tidak benar, ada banyak spekulasi dan rumor," kata Hong, dikutip dari Ubergizmo, Rabu (20/1/2021).

Isu tentang penutupan bisnis smartphone LG itu memang agak mencurigakan.

Pasalnya, jika LG berencana menutup bisnis smartphone mereka, perusahaan tidak perlu repot-repot memamerkan perangkat seperti smartphone layar gulung (LG Rollable) di konferensi teknologi CES 2021.

3 dari 3 halaman

Tentang Bisnis Smartphone LG

Sebelumnya mewakili LG, Hong mengkonfirmasi bahwa smartphone layar gulung itu merupakan perangkat asli. Bahkan, LG punya rencana untuk meluncurkan smartphone tersebut di akhir 2021.

Perlu dicatat, LG telah membuat beberapa perubahan pada pengoperasian smartphone-nya.

LG tidak lagi membuat smartphone di Korea Selatan, ada laporan dari tahun lalu yang menyebut LG akan mengalihkan produksi smartphone entry level dan kelas menengahnya ke produsen lain.

Hal ini ditengarai untuk membantu perusahaan memangkas biaya produksi dan lebih fokus pada produk flagship mereka.

(Dam/Ysl)

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa