Sukses

Mengenal Find My Mobile Samsung, Bisa Temukan Smartphone yang Dicuri

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah thread di Twitter sempat ramai menjadi perhatian warganet. Adapun akun pembuat thread itu menceritakan pengalamannya menemukan kembali smartphone Samsung yang sempat hilang diambil orang lain.

Dalam kisah tersebut, akun itu bercerita ayahnya sebagai pemilik smartphone memanfaatkan fitur Find My Mobile yang telah menjadi bawaan di perangkat Samsung.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari perangkatnya yang hilang. Saat ini, fitur Find My Mobile bisa diakses melalui menu Setting yang ada di perangkat Samsung.

Namun untuk dapat memakainya, pengguna harus lebih dulu memiliki akun Samsung dan mengaktifkan fitur ini di perangkatnya. Setelah itu, pengguna dapat langsung memakainya untuk melacak perangkat yang hilang.

Layanan Find My Mobile sendiri memiliki beberapa fitur, salah satunya adalah mengirimkan lokasi terakhir perangkat pengguna. Dengan cara ini, pengguna dapat mengetahui di mana lokasi perangkatnya bisa ditemukan.

Untuk mengamankan perangkat yang hilang dari jarak jauh, pengguna juga dapat mengunci layarnya, sehingga tidak dapat disalahgunakan orang lain.

Selain layar, pengguna juga dapat mengunci tombol power dan aplikasi Samsung Pay. Perlu diketahui, seluruh fungsi ini dapat diakses melalui situs web Find My Mobile Samsung. 

Jika sudah menemukan lokasi perangkat, pengguna dapat memanfaatkan Find My Mobile untuk menyalakan nada dering perangkat Samsung yang dicari.

Nada dering yang dikeluarkan langsung disetel ke volume maksimal selama satu menit untuk memudahkan pencarian.

2 dari 3 halaman

Dapat Aktif Meski Offline

Samsung juga telah memperbarui kemampuan layanan Find My Mobile ini, sehingga pengguna masih dapat mengetahui lokasi perangkat meski tidak terhubung dengan internet.

Namun untuk melakukannya, pengguna terlebih dulu mengaktifkan fitur Offline Finding yang ada di Find My Mobile.

Menurut penjelasan dari situs resmi Samsung, fitur pencarian offline ini memanfaatkan perangkat Galaxy lain di sekitar smartphone yang sedang dicari.

Nantinya, perangkat lain ini bertugas sebagai penolong dengan mengirimkan sinyal ke server yang membagikan lokasi smartphone yang sedang dicari.

Metode ini tidak hanya dapat digunakan untuk mencari tablet atau smartphone yang hilang. Pengguna juga dapat memanfaatkannya untuk menemukan Galaxy Watch atau Galaxy Buds.

3 dari 3 halaman

Membuka Kunci Layar

Selain dimanfaatkan untuk mencari perangkat Samsung yang hilang, Find My Mobile dapat dimanfaatkan pengguna yang lupa kunci perangkatnya, baik PIN, password, hingga sidik jari dan iris.

Pengguan tinggal mengatur ulang kunci layar dengan mengakses situs web Find My Mobile. Namun perlu diketahui, dengan menyetel ulang layar kunci, data PIN, password, sidik jari maupun iris yang ada di perangkat akan dihapus.

(Dam/Ysl)