Sukses

Samsung Rilis Exynos 2100, Chipset 5G Premium Pesaing Snapdragon 888

Samsung baru saja merilis Exynos 2100 yang disebut-sebut sebagai pesaing Snapdragon 888, di mana keduanya sama-sama dirancang untuk smartphone flagship.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja merilis Exynos 2100 yang disebut-sebut sebagai pesaing Snapdragon 888, di mana keduanya sama-sama dirancang untuk smartphone flagship.

"Hari ini kami dengan bangga memperkenalkan Exynos 2100, prosesor seluler kami yang paling canggih. Dipersenjatai dengan teknologi pemrosesan kuat dan modem 5G canggih pada 5nm process node yang hemat daya. Ini adalah standar baru untuk perangkat seluler andalan masa depan," ujar President of System LSI Business Samsung Electronics, Inyup Kang, pada acara virtual Exynos On 2021, Selasa (12/1/2020).

Sementara Executive Vice President and Head of Mobile R&D Office at Mobile Communications Business, Samsung Electronics, Kyeongjun Kim, memaparkan Exynos 2100 menawarkan kinerja terbaik yang memenuhi standar kualitas dan persyaratan yang ketat untuk smartphone generasi berikutnya.

"Semua itu karena Exynos 2100 mmiliki pemrosesan yang kuat, konektivitas 5G yang cepat, dan akselerasi AI yang cerdas," klaim Kyeongjun Kim.

Sebagai prosesor seluler andalan 5G terintegrasi pertama Samsung, Exynos 2100 dibangun dengan fabrikasi 5nm menggunakan teknologi EUV yang memungkinkan konsumsi daya 20 persen lebih rendah atau kinerja keseluruhan 10 persen lebih tinggi dari pendahulunya (7nm).

Chipset ini juga menawarkan peningkatan pemanfaatan memori cache dan scheduler yang lebih kuat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kinerja 30 Persen Lebih Bertenaga

Exynos 2100 juga dibekali CPU octa-core yang hadir dalam struktur tri-cluster. Antara lain terdiri dari satu inti Arm Cortex-X1 berkecepatan 2.9GHz, trio Cortex-A78 berperforma tinggi, dan empat Cortex-A55 hemat daya yang diklaim memberikan peningkatan lebih dari 30 persen dalam performa multi-core dibandingkan pendahulunya.

Sementara GPU Mali-G78 yang tersemat di dalamnya mendukung API terbaru seperti Vulkan dan OpenCL, mendongkrak kinerja grafis lebih dari 40 persen, yang mana menyuguhkan pengalaman seluler di layar yang paling imersif, termasuk gim berat dan AR/VR atau MR (mixed reality).

 

3 dari 3 halaman

Kemampuan AI

Kemampuan AI juga ditingkatkan, yang mana teknologi NPU tri-core terbaru dirancang untuk meminimalkan operasi yang tidak perlu untuk penggunaan lebih efektif.

Image signal processor (ISP) pada Exynos 2100 bahkan mampu mendukung resolusi kamera hingga 200MP dan pengalaman multi-kamera dalam meningkatkan kualitas gambar untuk pemotretan ultra-wide dan banyak lagi.

Sementara modem 5G terintegrasi Exynos 2100 mendukung spektrum sub-6GHz dan mmWave 5G dari 2G GSM/CDMA, 3G WCDMA hingga 4G LTE untuk jangkauan jaringan yang kuat dan andal.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini