Sukses

5 Trik Jitu Bikin Kamu Semakin Asyik Dengar Musik di Spotify

Liputan6.com, Jakarta - Spotify adalah salah satu aplikasi streaming musik paling banyak diakses oleh pengguna di berbagai negara di dunia.

Dengan berjalannya waktu, Spotify selalu menghadirkan sejumlah fitur baru yang memungkinkan pengguna berbagi akun berlangganan, dan mengubah cara mendengarkan musik di perangkat mobile.

Namun, banyak pengguna Spotify yang menyadari betapa banyak fitur yang dapat digunakan agar kamu bisa mendengarkan musik lebih optimal dan sesuai dengan keinginan.

Bagaimana caranya? Dikutip dari Make Use Of, Sabtu (25/12/2020), berikut adalah cara agar bisa mendengarkan musik di Spotify lebih asyik.

1. Atur Kualitas Audio

Kebanyakan pengguna Spotify tidak menyadari mereka dapat mengatur pengaturan atau settings di aplikasi untuk masing-masing sesi saat streaming musik via Wi-Fi, paket data hingga men-download.

Spotify sendiri memberikan kamu selaku pengguna opsi untuk mengubah kualitas audio, mulai dari otomatis (automatic), rendah (low), normal, tinggi (high), dan sangat tinggi (very high).

Biasanya, opsi otomatis akan aktif secara default. Ini berarti, Spotify akan memilihkan kualitas audio yang didengar tergantung dari seberapa stabil koneksi internet.

Untuk mengakses pengaturan ini di iOS dan Android, buka Beranda (Home) > Pengaturan (Settings) > Kualitas Audio (Audio Quality), dan pilih kualitas streaming sesuai keinginan kamu saat mendengarkan lagu di Spotify.

 

2 dari 4 halaman

2. Equalizer

Spotify. Sumber: Parentesis.com

Equalizers memungkinkan kamu untuk mengatur volume audio berdasarkan spektrum: Low, Mid, dan High. Dengan mengatur frekuensi, kamu dapat mendengarkan lagu favorit di Spotify dengan lebih baik dari biasanya.

Berhubung masing-masing pengguna memiliki referensi mereka sendiri, Spotify menyediakan opsi pengaturan optimal untuk berbagai genre musik.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Di iOS, masuk ke Home > Settings > Audio Quality > Equalizer dan aktifkan tombolnya.

Pilih mode genre yang diinginkan dan sudah Spotify sediakan, atau tarik masing-masing titik untuk mengaturnya sendiri.

Bagi pengguna Android, fitur di Spotify ini berbeda-beda tergantung dari perangkat yang digunakan. Saat pakai Pixel 3, kamu bisa temukan opsi Equalizer ini di Home > Settings > swipe ke bawah untuk menemukan Equalizer.

 

3 dari 4 halaman

3. Crossfade

Tampilan Spotify di Android (Sumber: Screenshoot).

Bagi kamu yang aktif berolahraga atau ingin fokus saat bekerja, Crossfade adalah fitur terbaik untuk menghilangkan delay di antara lagu.

Untuk menyesuaikan crossfade di Spotify, buka Home > Settings > Playback. Scroll ke bawah hingga menemukan fitur Crossfade dan geser slider ke level yang diinginkan.

Di Android, kamu bisa ke Home > Settings > Crossfade dan geser tombol hingga diinginkan.

 

4 dari 4 halaman

4. Gapless

Suka mendengarkan musik live atau klasik di Spotify, Gapless memungkinkan kamu untuk menikmatinya. Opsi ini ada di bawah Crossfade, dan ketuk tombol untuk mengaktifkannya.

5. Automix

Terakhir, Automix adalah fitur artificial intelligence (AI) milik Spotify yang membuat transisi antar musik lebih smooth. Kamu dapat menemukan fitur ini di Gapless, dan geser tombol Automix untuk mengaktifkannya.

(Ysl/Isk)