Sukses

Review Mi True Wireless Earphone 2s: Harga Ratusan Ribu Sudah Punya Environmental Noise Cancellation

Dengan banderol ratusan ribu rupiah, Mi True Wireless Earphones 2s ini menyasar segmen pasar menengah ke bawah.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi pada awal November lalu resmi memperkenalkan beberapa aksesori terbaru ke pasar Indonesia dan salah satunya adalah Mi True Wireless Earphone 2s.

Dengan banderol Rp 799.000 [promo dari harga normal Rp 899.000], Mi True Wireless Earphones 2s ini menyasar segmen pasar menengah ke bawah.

Kami telah menjajal unit perangkat audio nirkabel itu selama kurang lebih sebulan. Bagaimana performanya simak rangkuman ulasannya berikut ini.

Desain

Sekilas, desain dari aksesori ini mengingatkan saya pada AirPods dari Apple. Perbedaan paling kontras antara Mi True Wireless Earphone 2 dengan AirPods terletak pada batangnya yang berbentuk elips.

Saya nyaris selalu mengenakan Mi True Wireless Earphones 2s untuk menemani saya berlari atau bersepeda.

Terutama ketika dikenakan sambil berlari, di mana pergerakan tubuh sangat intens, aksesori audio ini masih tersemat dengan baik ke telinga saya. Saya kira, hal ini berkat desainnya yang ramah bagi kontur telinga.

Mi True Wireless Earphones 2s. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Di bagian bawah, terdapat dua lempeng kuningan untuk pengisian daya berbasis kabel. Untuk mikrofon, tersedia dua buah mikrofon pada masing-masing earphone kiri dan kana.

Noise Cancellation

Salah satu fitur yang paling saya sukai dari Mi True Wireless Earphones 2s adalah pengurang kebisingan atau derau (noise) yang pada umumnya ikut terekam ke mikrofon. 

Beberapa kali saya menguji dengan melakukan panggilan telepon dari tempat dengan kebisingan natural seperti trotoar jalan raya utama, serta di ruangan dengan kebisingan yang berasal dari suara musik dari bluetooth speaker dan televisi.

Hasilnya, Environmental Noise Cancellation atau ENC pada mikrofon ganda di Mi True Wireless Earphones 2s mampu meredam kebisingan dengan baik. Untuk ukuran aksesori audio nirkabel, fitur ENC ini layak mendapat acungan jempol.

Selain meredam kebisingan, teknologi ini pada saat bersamaan meningkatkan kemampuan pengenalan suara (voice recognition).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dual-Core Chip

Kehadiran Bluetooth 5.0 yang dipadukan dengan Dual-Core Chip memainkan peran penting dalam proses transmisi sinyal suara. Aksesori audio ini mampu mentransmisikan sinyal suara dari ponsel ke earphone kiri dan kanan secara simultan.

Sayangnya, beberapa kali saya masih mendapati latensi (jeda) ketika mengenakan Mi True Wireless Earphones 2s untuk bermain gim FPS sambil mengobrol lewat voice chat. Namun, latensi yang saya alami tidak terlalu kentara atau dalam batas wajar, sehingga masih dapat ditoleransi. 

Pengisian dan Daya tahan baterai

Daya baterai merupakan salah satu aspek yang harus dipertimbangkan oleh mereka yang berencana mengenakan aksesori audio nirkabel dengan intensitas sering. Tidak akan nyaman rasanya, kalau pengguna harus sering-sering mengisi daya baterai. 

Di Review Mi True Wireless Earphone 2s, Dual-Core Chip tadi juga berkontribusi pada manajemen konsumsi daya. Secara teoretis, Xiaomi mengklaim bahwa apabila daya earphone ini terisi penuh dengan setelan volume 50 persen, waktu pemakaian bisa mencapai 5 jam untuk mendengarkan musik.

Klaim ini, menurut pengalaman kami, cukup dapat dipertanggungjawabkan. Namun saya pikir, durasi daya tahan baterai ini juga tergantung pada kualitas audio yang diputar dan preferensi setelan volume.

Aplikasi music streaming seperti Spotify, misalnya, menyediakan beberapa setelan kualitas streaming, yakni Automatic, Low, Normal, High, dan Very High. Pemilihan kualitas yang semakin tinggi boleh jadi menyebabkan konsumsi daya baterai lebih banyak daripada setelan normal.

Tak lupa, hal yang turut mendapat sorotan adalah Xiaomi membenamkan sistem yang mampu mengisi daya baterai Review Mi True Wireless Earphone 2s hingga penuh dalam waktu kurang lebih sejam. 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Upaya Xiaomi menghadirkan aksesori audio nirkabel dengan desain, daya tahan baterai, dan ENC sangat layak diapresiasi. Mi True Wireless Earphone 2s menawarkan beberapa peningkatan signifikan untuk ukuran True Wireless Earphone di rentang harga di bawah sejutaan.

Mengenai latensi yang kadang masih ditemukan saat pemakaian, itu tidak akan terlau menjadi masalah, toh latensi merupakan isu tipikal aksesori audio nirkabel pada umumnya.

Mengingat volume kegiatan video conference yang meningkat drastis selama beberapa bulan terakhir, Mi True Wireless Earphone 2s boleh jadi akan mendapat tempat di kalangan pengguna yang sering melakukan video conference dari ponsel dan mengidamkan aksesori audio nirkabel dengan banderol ratusan ribu rupiah.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi

Berat (Satu Telinga):

4,5 g

Berat (Total):

52 g

Impedansi:

32Ω

Input:

5V/1A

Tipe Kontrol:

ketuk ganda

Jarak Kerja:

10m

Metode Pengisian Daya:

Tipe C, pengisian daya nirkabel Qi

Waktu Pengisian Daya:

1 jam (dengan kabel Tipe-C)

Daya Tahan Baterai (Sekali Pengisian):

5 jam

Daya Tahan Baterai (dengan Dudukan):

24 jam

Versi Bluetooth:

5.0

Codec Audio:

SBC/AAC/LHDC

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini