Sukses

IDCloudHost Raih Penghargaan UKM Award 2020 di Sektor Jasa dari Kemenkop dan UKM

Liputan6.com, Jakarta - Pendemi Covid-19 jelas berdampak terhadap beberapa sektor usaha di Indonesia. Namun, bagaimanapun juga UKM di Indonesia harus siap untuk menghadapi New Normal supaya usahanya tetap berjalan dan berkelanjutan.

Di tengah pandemi ini, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) menggelar UKM Award 2020 sebagai ajang untuk mengapresiasi para Pahlawan Produk Lokal yang mampu menunjukkan keunggulannya dan bermanfaat bagi masyarakat.

Ada 10 unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang terpilih sebagai penerima penghargaan UKM Award 2020. Mereka berasal dari beberapa kategori Kecil dan menengah dan beberapa sektor seperti Jasa, Menengah Makanan Minuman olahan Kemasan, dan Produk Kosmetik & SPA.

Salah satu pemenangnya adalah PT Cloud Hosting Indonesia dengan merek IDCloudhost (https://idcloudhost.com. Diwakili oleh Muhammad Mufid Luthfi sebagai perwakilan Provinsi Riau, IDCloudHost terpilih sebagai pemenang di sektor jasa setelah melewati beberapa seleksi dari total jumlah 800 lebih pendaftar.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menteri Kemenkop UKM RI Teten Masduki menjelaskan, pemilihan pelaku UKM pada rangkaian UKM Award dilakukan dengan menjaring 832 unit proposal dari pelaku UKM se-Indonesia melalui pendaftaran yang ditutup pada 14 Oktober 2020.

"Untuk kemudian, seluruhnya diseleksi dan dikurasi tim kurator dengan mempertimbangkan persyaratan dan ketentuan, kelengkapan dokumen, serta melakukan wawancara dan menilai potensi dari para UKM," kata Teten.

 

2 dari 3 halaman

IDCloudHost Ingin Bantu Digitalisasi UKM

IDcloudhost yang merupakan salah satu penyedia jasa Web Hosting dan Cloud Infrastructure menjelaskan bahwa saat ini mereka sudah memiliki lebih dari 90.000 pengguna aktif. Mereka berharap dapat berkolaborasi dengan Kemenkop UKM untuk dapat mendigitalisasikan UKM di Indonesia.

"IDCloudHost merupakan salah satu Web Hosting terbesar di Indonesia, yang saat ini berencana akan melakukan ekspans ke Asia Tenggara dan sedang melakukan beberapa proses sertifikasi internasional agar mampu bersaing secara global," ujar Mufid.

Selain itu, kata Mufid, perusahaan juga bermitra dengan sejumlah pihak dan telah mempersiapkan beberapa pusat data lokal yang siap untuk bersaing dengan berbagai pemain internasional.

"Kami ingin mambawa IDcloudost ke kancah internasional sebagai salah satu Pahlawan UKM dari Indonesia," tutur Mufid menegaskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini