Sukses

Ubisoft Ungkap Deretan Gim PS4 yang Tidak Kompatibel di PS5

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Sony telah mengumumkan deretan gim PS4 yang tidak dapat dimainkan di PS5. Kini, giliran Ubisoft yang melakukan hal serupa. 

Dikutip dari Venture Beat, Minggu (1/11/2020), deretan gim yang tidak kompatibel dengan konsol generasi sebelumnya ini diungkap lewat situs resmi Ubisoft beberapa waktu lalu.

Uniknya, daftar gim yang diungkap ini tidak sama dengan informasi yang diumumkan Sony beberapa waktu lalu. Dengan kata lain, deretan gim ini menambah 10 judul sebelumnya yang sempat diungkap Sony.

"Sebagian besar katalog gim kami memiliki kompatibilitas antara konsol saat ini dan generasi berikutnya, dengan beberapa pengecualian," tulis perusahaan tersebut.

Untuk mengetahui deretan gim PS4 besutan Ubisoft yang tidak kompatibel dengan PS5, berikut ini ada daftarnya :

  • Assassin’s Creed: Syndicate
  • Assassin’s Creed: Chronicles Trilogy Pack
  • Assassin’s Creed: Chronicles India
  • Assassin’s Creed: Chronicles China
  • Assassin’s Creed: Chronicles Russia
  • Risk
  • Star Trek: Bridge Crew
  • Werewolves Within
  • Space Junkies

Hanya sayang, Ubisoft tidak mengungkap lebih detil apa yang membuat deretan gim ini tidak kompatibel dengan PS5. Kendati demikian, masalah kompatibilitas ini tidak berlaku untuk Xbox Series X dan Xbox Series S dari Xbox One.

2 dari 3 halaman

Sony Pastikan PS5 Bisa Mainkan Gim PS4

Di sisi lain, sebelumnya Sony mengonformasi konsol PlayStation 5 (PS5) dapat memainkan sekitar 99 persen gim yang ada di PS4.

Namun baru-baru ini, perusahaan asal Jepang itu mengungkap judul gim apa yang bisa dimainkan di konsol penerus PS4 tersebut.

Beruntung, daftar tersebut hanya menyebutkan 10 judul gim--yang kurang populer di PS4.

Dikutip dari blog PlayStation, Senin (12/10/2020), kesepuluh judul gim itu yang bisa dimainkan di PS5, termasuk DWVR, Afro Samurai 2 Revenge of Kuma Volume One, TT Isle of Man - Ride on the Edge 2, dan Just Deal With It!

Gim lainnya, yaitu Shadow Complex Remastered, Robinson: The Journey, We Sing, Hitman Go: Definitive Edition, Shadwen, dan Joe's Diner juga bisa dimainkan di konsol PS5.

3 dari 3 halaman

Kompatibilitas Gim PS4 di PS5

Tak hanya merilis daftar di atas, perusahaan juga mendetail tentang kompatibilitas konsol PS5 dengan gim-gim yang meluncur di PS4.

“Kami fokus pada daftar judul gim di PlayStation 4,” tulis Wakil Presiden Sony Interactive Entertainment,Hideaki Nishino.

"Kami senang lebih dari 99 persen gim PS4 akan dapat dimainkan di PS5 pada hari pertama."

Alhasil, pemilik PS5 akan dapat menikmati lebih dari 4000 judul gim PS4 di konsol baru Sony saat dirilis pada 12 November.

Jika memiliki PS5 standar, gamer cukup memasukkan disc PS4 ke dalam konsol untuk memutarnya.

Untuk gim PS4 digital, pemain dapat men-download-nya ke konsol melalui akun PlayStation Store.

“Saat masuk atau login ke PS5 dengan akun kamu di PlayStation Network, maka akan secara otomatis melihat library gim dari konten PS4 yang diputar melalui menu,” tambah Nishino.

(Dam/Ysl)