Sukses

Bakal Ikuti iPhone 12, Galaxy S21 Tak Sertakan Charger dan Earphone?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah laporan menyebut, Samsung tidak akan menyertakan adaptor pengisi daya dan earphone di boks Galaxy S21.

Jika hal ini benar, Samsung mengikuti langkah Apple. Padahal beberapa waktu setelah iPhone 12 diluncurkan, tim media sosial Samsung sempat menyindir keputusan Apple tidak memberikan kepala charger dan earphone di boks iPhone 12.

😎😎Your #Galaxy does give you what you are looking for. From the most basic as a charger, to the best camera, battery, performance, memory and even 120Hz screen ✌️ on a smartphone. 😎😎

Dikirim oleh Samsung pada Selasa, 13 Oktober 2020

Menurut laporan media Korea, Samsung mempertimbangkan untuk menghilangkan earphone dan charger dari boks Galaxy S21.

Mengutip SamMobile, Rabu (28/10/2020), langkah serupa juga akan diterapkan pada seluruh perangkat Samsung lainnya.

Namun, sejumlah pengamat meyakini, Samsung hanya tidak akan earphone di boks, tetapi tetap memberikan charger di dalam kemasan.

Sejauh ini, Samsung juga mengharuskan penggunanya membeli charger 45W terpisah jika mereka ingin perangkatnya bisa diisi daya lebih cepat. Sementara, Samsung tetap menyertakan charger 25W di dalam kemasan.

2 dari 3 halaman

Hanya Hilangkan Earphone dari Kemasan

Saat ini ada kemungkinan Samsung tidak memberikan earphone di perangkat flagship-nya. Pasalnya konsumen di Amerika Serikat tidak mendapatkan earphone AKG USB-C pada seri Galaxy Note 20.

Mereka bisa mendapatkannya secara gratis jika menjangkau layanan pelanggan. Namun tentu tak semua orang yang membeli perangkat ini akan melakukannya atau bahkan mengetahui opsi ini.

Masih soal Galaxy S21, belum diketahui apakah harga smartphone bakal turun dibandingkan pendahulunya jika tak menghadirkan aksesori bawaan.

3 dari 3 halaman

Hanya untuk Meningkatkan Keuntungan

Alih-alih demi tujuan ramah lingkungan, perusahaan dinilai bertujuan meningkatkan penjualan charger secara terpisah dan mendorong pembelian eartphone nirkabel Galaxy Buds series.

Jika keputusan ini diterapkan, penjualan aksesoris diyakini akan membantu Samsung meningkatkan keuntungan walaupun sejumlah fans Samsung pasti kecewa dengan keputusan tersebut.

Sekadar informasi, dalam peluncuran iPhone 12, Apple mengumumkan inisiatifnya mendukung lingkungan dengan tidak menyertakan pengisi daya dan earphone di boksnya. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan pengurangan harga perangkat.

Alih-alih ramah lingkungan, banyak pihak menilai apa yang dilakukan Apple hanya untuk meningkatkan keuntungan semata.

(Tin/Why)