Sukses

Hands-on Galaxy S20 FE, Smartphone Cantik dan Trendy untuk Milenial

Samsung menghadirkan Galaxy S20 FE, smartphone flagship kekinian dengan enam opsi warna, penasaran seperti apa pengalaman kami menjajal perangkat ini?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung belum lama ini menghadirkan Galaxy S20 Fan Edition atau dibaca Galaxy S20 FE ke Indonesia.

Perangkat ini melengkapi seri Galaxy S20 yang dirilis awal tahun ini. Dengan harga yang lebih terjangkau yakni Rp 9,9 jutaan, Galaxy S20 FE menawarkan fitur yang sama premiumnya dengan Galaxy S20 series.

Mengusung ukuran dan desain yang mirip dengan Galaxy S20 Plus, perangkat ini hadir menyasar milenial yang senang mengekspresikan diri dengan berbagai warna warni bodi yang ditawarkan.

Tidak tanggung, Samsung membawa 6 opsi warna Galaxy S20 FE untuk memenuhi kebutuhan milenial: Cloud Red, Cloud Mint, Cloud Orange, Cloud Navy, Cloud Lavender, dan Cloud White.

Galaxy S20 FE (Foto: Samsung Indonesia)

Para fans Samsung pun bebas memilih warna smartphone sesuai dengan keinginan dan kepribadiannya.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal smartphone ini, di mana unit yang kami pilih adalah Cloud Mint, warna hijau mint yang segar dan kalem. Berikut adalah foto-foto hands-on Galaxy S20 FE warna Cloud Mint.

Berbeda dengan Galaxy S20 series lain, boks Galaxy S20 FE hadir dengan warna putih yang diembos dengan berbagai logo mode kamera Samsung. Mulai dari gambar kepala anjing, kucing, sunset, bulan, zoom dan lain-lain, memperlihatkan semua mode dan kemampuan kamera di Galaxy S20 FE.

Tulisan S20 di boksnya berwarna Cloud Mint sesuai dengan opsi warna smartphone di dalamnya.

Selanjutnya ketika boks dibuka, pengguna akan mendapatkan satu unit SIM card ejector, buku petunjuk penggunaan dan garansi, satu unit charger, dan satu unit kabel USB type C.

Kelengkapan Galaxy S20 FE; charger, kabel USB type C, SIM card ejector, kartu garansi (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sayangnya Samsung tidak menyertakan headset AKG seperti pada kemasan Galaxy S20 FE seperti di seri smartphone premium lainnya. Selain itu di boks juga tidak terdapat silicon case.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Layar dengan Infinity O

Beralih ke perangkat, Galaxy S20 FE hadir dalam ukuran layar 6,5 inci jenis Super AMOLED lengkap dengan fingerprint di layar. Galaxy S20 FE mengusung desain Infinity O dengan sebuah punch hole kecil di atas layar untuk menempatkan kamera selfie 32MP-nya.

Galaxy S20 FE tidak lagi mengusung lengkungan di layar. Selain itu, bezel perangkat ini juga sangat tipis seperti seri Galaxy S20 lainnya.

Galaxy S20 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beralih ke tiap sisinya, Galaxy S20 FE tidak dibekali dengan jack audio. Terdapat port USB Type C, speaker di sisi bawah perangkat, dan sebuah lubang kecil sebagai mikrofon.

Galaxy S20 FE dilengkapi port USB type C dan speaker dengan teknologi Dolby Atmos (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

3 dari 6 halaman

Tiap Sisinya

Sementara di sisi kiri tidak terdapat tombol atau slot apapun. Lalu, di sisi kanan perangkat terdapat tombol volume Up dan Down serta sebuah tombol Power.

Sisi Galaxy S20 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sisi kanan Galaxy S20 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kemudian di bagian atas, terdapat sebuah slot SIM card yang dapat dibuka dengan ejector. Di bagian atas terdapat pula lubang kecil sebagai mikrofon.

 

4 dari 6 halaman

Bodi Belakang

Pada bodi belakang, Galaxy S20 FE memakai material polycarbonate dan bukan glass seperti Galaxy S20 series lainnya.

Kemungkinan hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk memangkas biaya produksi, sehingga perangkat flagship ini bisa dijual lebih murah ketimbang Galaxy S20 lainnya.

Pada bodi polycarbonate ini, Samsung memulasnya dengan berbagai opsi warna, misalnya Cloud Mint.

Galaxy S20 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Untuk warna Cloud Mint sendiri, warnanya tampak seperti hijau telur asin dengan kesan matte. Oleh karenanya, perangkat tidak mengkilap seperti pada Galaxy A series.

Bodinya pun tidak licin sehingga nyaman untuk digenggam meski tidak menggunakan case pelindung.

5 dari 6 halaman

Kamera

Kemudian beralih ke bagian kamera, alih-alih mirip dengan Galaxy S20 series, frame kamera Galaxy S20 FE lebih mirip dengan milik Galaxy Note 20. Di mana, bulatan kamera tampak lebih besar dan dilengkapi dengan LED flash.

Frame kamera sendiri memiliki kesan warna kehijauan sehingga membuatnya begitu serasi dengan bodi perangkat. Begitu juga dengan frame di sisi perangkat dengan warna senada.

Menyoal kamera, Galaxy S20 FE hadir dengan tiga kamera utama, masing-masing adalah lensa ultra-wide 12MP dengan aperture f2.2 dan sudut lebar 123 derajat, wide angle 12MP dengan dual pixel AF dan OIS serta aperture f1.8, serta kamera telephoto 8MP dengan dukungan OIS dan aperture f2.4.

Fitur Single Take di kamera Galaxy S20 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Galaxy S20 SE didukung dengan fitur kamera Single Take yang pertama diperkenalkan pada Galaxy S20 series dan dukungan perekaman Pro Grade Video yang pertama diperkenalkan pada Galaxy Note 20 series. 

Fitur Pro Grade Video pada Galaxy S20 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

 

6 dari 6 halaman

Spesifikasi

Kinerja Galaxy S20 FE didukung dengan chipset 7nm 64-bit octa-core, yakni Exynos 990, RAM yakni 8GB dan memori internal 128GB.

Galaxy S20 FE memiliki dukungan baterai 4.500mAh yang dibekali super fast charging 15 watt dan wireless powershare.

Fitur lain yang juga dihadirkan pada perangkat ini adalah dukungan ketahanan terhadap debu dan air berdasarkan sertifikat IP68.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.