Sukses

Samsung Rilis Galaxy S20 FE dengan Harga Lebih Murah, Apa Bedanya dengan Galaxy S20?

Liputan6.com, Jakarta - Tadi malam, Samsung merilis Galaxy S20 Fan Edition atau yang disebut Galaxy S20 FE dalam Galaxy Unpacked yang ditayangkan secara live streaming.

Galaxy S20 FE menjadi seri Galaxy S20 yang paling terjangkau. Kendati demikian, fitur dan spesifikasi yang diboyong adalah fitur-fitur favorit pengguna yang ada di smartphone flagship Galaxy S20 series.

Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Taufiq Furqan mengungkapkan, Galaxy S20 FE merupakan perangkat yang dirilis atas feedback dari konsumen Samsung, mengenai smartphone yang mereka inginkan serta fitur-fitur pilihan yang perlu ada pada perangkatnya.

Ketimbang Galaxy S20, Galaxy S20 FE menyasar kaum milenial yang senang mengekspresikan diri di media sosial atau dalam pergaulan (social expressor).

"Samsung selalu berkomitmen menciptakan inovasi untuk pelanggan. Galaxy S20 FE ini jawaban untuk konsumen yang ingin produk dengan variasi warna yang vibrant dalam produk berspesifikasi tinggi, berdasarkan masukan konsumen," kata Taufiq dalam acara media briefing mengenai Galaxy S20 FE, Kamis (24/9/2020).

Dibanderol dengan harga Rp 10 juta, apa perbedaan Galaxy S20 FE dengan Galaxy S20 yang dijual Rp 14 jutaan pada awal peluncurannya?

2 dari 5 halaman

Opsi Warna Lebih Banyak dan Cerah

Taufiq menyebut, dari segi varian warna, Galaxy S20 FE hadir dengan opsi warna yang lebih banyak, warnanya bold dan vibrant yang memang menyasar segmen milenial.

Ada enam opsi warna yang ada di Galaxy S20 FE, yakni Cloud Red, Cloud Orange, Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy, dan Cloud White.

Sementara, di Galaxy S20, opsi warna yang dihadirkan hanya tiga, yakni Cosmic Gray, Cloud Blue, dan Cloud Pink.

"Pada milenial, pemilihan warna itu penting, mereka menginginkan warna yang sesuai dengan karakternya. Oleh karena itu di Galaxy S20 FE ada 6 opsi warna," kata Tafiq.

3 dari 5 halaman

Layar yang Lebih Besar

Perbedaan lain adalah dari segi layar. Galaxy S20 FE membawa layar Super AMOLED seluas 6,5 inci berkualitas Full HD.

Sementara Galaxy S20 hadir dengan layar Dynamic AMOLED 2X yang ukurannya lebih ringkas, yakni 6,2 inci namun memiliki resolusi WQHD.

"Bagi milenial yang sering mengekspresikan diri, layar 6,5 inci lebih mendukung kebutuhan mereka. Sementara S20 dengan layar 6,2 inci lebih menyasar ke konsumen yang ingin menggunakan smartphone compact," tutur Taufiq.

4 dari 5 halaman

Kamera

Perbedaan lain adalah dari sisi kamera, di mana Galaxy S20 FE hadir dengan kamera selfie 32MP dan S20 hadir dengan kamera selfie 10MP.

"Bagi milenial yang social expressor, kamera 32MP ini akan sangat mendukung kegiatan mereka karena milenial senang membuat konten-konten," kata Taufiq.

Dari segi kamera utama, Galaxy S20 FE mengusung tiga kamera di bodi belakang. Masing-masing adalah kamera ultra wide angle 12MP dengan aperture f2.2 dan sudut lebar 123 derajat.

Kamera lain adalah wide angle 12MP dengan kemampuan dual pixel AF dan OIS serta aperture F1.8. Kamera terakhir berjenis telephoto dengan resolusi 8MP, dukungan OIS dan aperture F2.4.

Sedangkan di Galaxy S20, ketiga kamera tersebut adalah ultra-wide angle 12MP dengan F2.2, wide-angle 12MP dengan f1.8, dan telephoto 64MP dengan f2.0. 

5 dari 5 halaman

Kapasitas Baterai

Selain itu perbedaan juga dari segi kapasitas baterai. Galaxy S20 FE hadir dengan dukungan baterai lebih besar 4.500mAh yang diklaim bisa tahan seharian. Sementara baterai Galaxy S20 hanya 4.000mAh.

Kendati demikian, keduanya sama-sama dibekali pengisian daya cepat 25W untuk mendukung pengisian daya jadi lebih singkat.

Dari segi segmen harga pun, Galaxy S20 FE lebih terjangkau yakni Rp 10 juta, mengingat target yang ingin dituju Samsung adalah para milenial yang ingin memiliki smartphone flagship tetapi terjangkau. 

Selebihnya, spesifikasi dari Galaxy S20 FE bisa dibilang sama dengan Galaxy S20, seperti chipset Exynos 990 yang berkemampuan tinggi, RAM 8GB dengan memori internal 128GB, serta dukungan sertifikat ketahanan air dan debu, IP68. 

(Tin/Isk)