Sukses

Fitur WhatsApp Advanced Search Resmi Hadir Hari Ini, Cek Cara Pakainya

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp akhirnya kedatangan fitur baru, yakni Advanced Search atau pencarian tingkat lanjut. Kehadiran fitur ini sebenarnya sudah diketahui sejak April 2020, tapi baru kini tersedia untuk seluruh pengguna.

Dikutip dari Android Authority, Rabu (7/10/2020), fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp mencari media, seperti foto, video, audio, dokumen, hingga GIF lain dengan lebih mudah.

Hal itu dimungkinkan sebab kini kolom pencarian dibuat lebih spesifik, sehingga pengguna dapat langsung memilih file yang ingin dicari. Mengingat sebelumnya, pencarian di WhatsApp hanya dapat dilakukan untuk teks saja.

Untuk memanfaatkan fitur ini, caranya pun terbilang mudah. Pengguna tinggal mengetuk ikon pencarian yang ada di pojok kanan atas aplikasi.

Setelah itu, filter pencarian spesifik akan muncul, mulai dari foto, GIF, audio, hingga dokumen. Lalu, pengguna WhatsApp tinggal memilih file yang ingin dicarinya dan mengetik kata kunci pencarian.

Nantinya, hasil pencarian tidak hanya akan menampilkan pesan yang berhubungan dengan kata tersebut, melainkan juga file yang dikirimkan bersama dengan kata pencarian tersebut. Bagaimana, mudah bukan?

2 dari 3 halaman

Fitur Matikan Notifikasi Chat Selamanya di WhatsApp Group

Sebelumnya, WhatsApp baru saja menggulirkan pembaruan anyar melalui Google Play Beta Program, dengan membawa versi beta 2.20.201.10.

Dalam pembaruan ini WhatsApp mengaktifkan fitur yang disebut Always Mute. Ini merupakan opsi baru yang menggantikan pilihan matikan notifikasi chat "1 tahun".

Dengan fitur Always Mute, kamu bisa dengan mudah mematikan notifikasi chat di WhatsApp Group selamanya.

Diwartakan WABetaInfo, Sabtu (3/10/2020), fitur tersebut baru saja muncul untuk penguji beta sehingga mereka bisa mencobanya.

Jika belum muncul, harap bersabar dan kamu akan menerima opsi ini dalam beberapa hari ke depan.

Untuk diketahui, WhatsApp mengembangkan fitur Always Mute sejak Juli 2020. Fitur ini bermanfaat ketika pengguna ditambahkan ke sebuah grup tetapi tidak tertarik dengan obrolan di dalamnya.

Saat ini, pengguna hanya punya opsi untuk mematikan notifikasi chat di WhatsApp Group untuk 1 tahun.

3 dari 3 halaman

Storage Usage Hingga Media Guidelines

Selain fitur tersebut, WhatsApp beta terbaru juga menghadirkan "Storage Usage" UI yang memiliki tampilan detail tentang penggunaan ruang penyimpanan, ketimbang sebelumnya. 

Pada tampilan baru ini, halaman bar menampung lebih banyak informasi memori penyimpanan. Di bawahnya ada opsi untuk membersihkan file yang sudah tidak diperlukan.

Ada pula ikon dua baris yang berisi file-file yang baru diterima serta dukungan untuk penyortiran.

Terakhir, pada WhatsApp untuk Android Beta v2.20.201.10 juga menambahkan "Media Guidelines" yang memiliki fungsi seperti pada Instagram.

Media Guidelines ini membantu pengguna meluruskan stiker dan teks ketika mengedit gambar, video, dan GIF.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: