Sukses

Tombol 'Pilih Semua Percakapan' di Gmail Sempat Hilang, Pengguna Murka

Tombol 'Pilih Semua Percakapan' di Gmail sempat menghilang sehingga membuat sebagian pengguna bingung, dan bahkan marah.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang sering menghapus ratusan atau bahkan ribuan email atau mengarsipkannya, tentu kamu sering mengandalkan tombol atau opsi 'Pilih Semua Percakapan' di Gmail.

Dilaporkan The Verge, Jumat (2/10/2020), tombol tersebut sempat menghilang sehingga membuat sebagian pengguna bingung, dan bahkan marah.

Salah satu pengguna di Twitter me-mention Gmail dengan bertanya kenapa tidak ada lagi opsi 'Pilih Semua Percakapan' untuk menandai ribuan email sekaligus?

"Saya mengetik 'is: unread' + memilih kotak centang 'All', tetapi bukannya 'Pilih Semua Percakapan' di bagian atas layar saya, malah dikatakan 'Tidak ada hasil yang ditemukan'...?," tulis pemilik akun @mcquillanator.

"Luar biasa, opsi 'Pilih Semua Percakapan' telah dihapus dari Gmail. Apa yang mereka pikirkan? Tolong perbaiki secepatnya @Google," timpal pengguna lainnya @rickt.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Google

Kepada The Verge, Google mengonfirmasi tidak sengaja menghapus opsi tersebut dan langsung memperbaiki masalah ini.

"Kami sedang berupaya untuk mengembalikan fitur di Gmail yang memungkinkan kamu untuk 'memilih semua percakapan yang cocok dengan penelusuran ini' secepat mungkin," ujar Google.

"Fitur itu telah dihapus secara tidak sengaja. Kami mohon maaf kepada pengguna yang mungkin terpengaruh," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Menggunakan Opsi Filter

Tentunya informasi tersebut menjadi kabar baik bagi mereka yang mem-posting di untaian bantuan Gmail sejak enam hari lalu, yang belum dijawab hingga sekarang.

Ini menandakan bahwa tim support Gmail tidak menyadari adanya perubahan, setidaknya pada beberapa kesempatan. Mereka bahkan memberikan instruksi kepada pembaca, di mana opsi tersebut belum berfungsi.

Sementara ini, jika kamu ingin membaca, mengarsipkan, atau menghapus lebih dari satu halaman percakapan dalam satu waktu, kamu mungkin perlu menggunakan filter, menggunakan tombol "Terapkan juga filter ke percakapan yang cocok", lalu hapus filter tersebut.

Cara di atas bisa kamu lakukan jika tombol 'Pilih Semua Percakapan' belum kembali normal.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.