Sukses

Samsung Bakal Hadirkan 5 Kamera Belakang di Galaxy A72

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan akan memperkenalkan lima kamera belakang untuk kali pertama di smartphone besutannya. Namun dari laporan The Elec via SamMobile, kemampuan ini tidak ditujukan untuk seri Galaxy S, melainkan Galaxy A.

Adapun seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (28/9/2020), smartphone yang akan hadir dengan lima kamera belakang untuk pertama kalinya ini adalah Galaxy A72. Selain informasi soal lima kamera di Galaxy A72, kemampuan tiap lensa itu juga sudah bocor.

Dari laporan, smartphone ini akan hadir dengan lensa utama 64MP, lensa ultra-wide 12MP, lensa 3x optical zoom 8MP, lensa makro 5MP, dan depth sensor 5MP. Kehadiran lensa 3x optical zoom membuat Galaxy A72 akan memiliki kemampuan seperti seri flagship Samsung.

Tidak hanya jumlah kamera, smartphone ini juga disebut-sebut akan dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilization). Jika benar, Galaxy A72 akan menjadi smartphone seri Samsung Galaxy A pertama yang mendapatkan fitur ini, setelah empat tahun terakhir kemampuan tersebut absen.

Sejumlah laporan terbaru ini membuat Galaxy A72 akan memiliki kemampuan kamera yang serupa versi premium. Kendati demikian, informasi lain seputar smartphone ini sebenarnya belum terungkap.

Hanya dari sejumlah laporan sempat diungkap, penerus Galaxy A71 itu akan hadir dengan fitur wireless charging. Besar kemungkinan, model yang dimaksud adalah Galaxy A72.

Berdasarkan sejumlah analisis, keputusan Samsung menghadirkan deretan fitur premium di seri Galaxy A, tidak lepas dari kompetisi smartphone kelas menengah kian kompetitif.

Salah satu yang ikut bermain di ranah ini adalah Apple yang baru saja merilis iPhone SE 2020. Meski mengusung predikat iPhone paling terjangkau, Apple tetap membekalinya dengan fitur andalan khas iPhone, termasuk di antaranya wireless charging.

2 dari 3 halaman

Harga Galaxy S20 FE Rp 10 Juta, Pre-order Mulai 24 September 2020

Terlepas dari informasi tersebut, Samsung sendiri baru saja memperkenalkan Galaxy S20 FE. Pre-order untuk smartphone ini juga sudah dibuka di Indonesia. 

Harga Galaxy S20 FE di Indonesia mulai dari Rp 10 jutaan. Pre-order untuk perangkat tersebut bakal dibuka Kamis 24 September 2020 pukul 00.00 WIB hingga 8 Oktober 2020.

Konsumen yang melakukan pre-order akan mendapatkan Galaxy Fit2, wireless charger, dan clear view cover, serta cashback dari bank yang bermitra senilai Rp 500 ribu.

Sekadar informasi, Galaxy S20 FE melenggang dengan layar Super AMOLED dengan desain Infinity O (punch hole) seluas 6,5 inci. Perangkat ini mendukung refresh rate 120Hz seperti milik Galaxy S20 Ultra.

Meski punya layar besar, Samsung mengklaim, perangkat ini tetap compact dalam genggaman. 

Bicara bodi, Galaxy S20 FE memiliki bentuk yang mirip dengan Galaxy S20, hanya saja layarnya tidak memiliki lengkungan seperti Galaxy S20 series lainnya.

Samsung juga menyebut, bodi perangkat ini dilapisi dengan haze finish yang membuatnya nyaman dipegang, halus, serta tidak menimbulkan ceplakan jari. 

3 dari 3 halaman

Kamera

Untuk kemampuan fotografi, Galaxy S20 FE didukung tiga kamera utama. Masing-masing adalah kamera ultra wide angle 12MP dengan aperture f2.2 dan sudut lebar 123 derajat.

Kamera lain adalah wide angle 12MP dengan kemampuan dual pixel AF dan OIS serta aperture F1.8. Kamera terakhir berjenis telephoto dengan resolusi 8MP, dukungan OIS dan aperture F2.4.

Beralih ke kamera selfie, Galaxy S20 FE menggunakan lensa 32MP yang mendukung pro-grade selfie video.

Samsung menggunakan teknologi tetra-binning dan multi-frame processing sehingga pengguna bisa mengambil gambar yang lebih kaya meski dalam kondisi minim cahaya.

Kamera Galaxy S20 FE juga terintegrasi AI yang bisa mendeteksi dan menghilangkan motion blur dan memberi saran pengambilan foto yang lebih baik.

Urusan zoom kamera diserahkan pada kemampuan optical zoom 3x dan digital 30x space zoom.

(Dam/Ysl)