Sukses

Instagram Digugat Karena Mata-matai Pengguna Lewat Kamera Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Facebook selaku perusahaan induk Instagram kembali digugat oleh pengguna. Gugatan ini dialamatkan oleh seorang pengguna Instagram.

Penggugat mengklaim aplikasi Instagram telah memata-matainya melalui penggunaan kamera smartphone, tanpa izin dari si pengguna.

Tuntutan tersebut muncul dari laporan media Juli lalu yang menyebut, aplikasi Instagram mengakses kamera iPhone, meski sedang tidak dipakai.

Facebook pun sebenarnya sudah membantah laporan terkait akses kamera iPhone dan menyebut itu adalah ulah bug. Facebook mengatakan, bug memicu notifikasi palsu bahwa Instagram mengakses kamera iPhone.

Kini, sebagaimana dikutip dari laporan Bloomberg, Selasa (22/9/2020), dalam pengaduan yang diajukan Kamis lalu di San Francisco, pengguna Instagram bernama Brittany Conditi berpendapat, penggunaan kamera oleh aplikasi Instagram dilakukan dengan sengaja.

"Penggunaan kamera oleh aplikasi tersebut disengaja dan dilakukan untuk tujuan mengumpulkan data yang menguntungkan dan berharga tentang pengguna, yang seharusnya tidak diakses," demikian bunyi gugatan tersebut.

2 dari 3 halaman

Facebook Enggan Berkomentar

Gugatan juga menyebut, "Dengan memperoleh data yang bersifat sangat pribadi dan intim tentang penggunanya, termasuk dalam privasi di rumah sendiri, Instagram dapat mengumpulkan berbagai wawasan berharga serta riset pasar."

Sementara, pihak Facebook pun menolak berkomentar atas hal ini.

Sebelumnya, Facebook juga digugat. Jejaring sosial terbesar di dunia ini dituding menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk mengambil data biometrik milik lebih dari 100 juta pengguna Instagram secara ilegal.

Pihak Facebook pun membantah klaim tersebut dan menyebut, Instagram tidak memakai teknologi pengenalan wajah.

3 dari 3 halaman

Instagram Diam-Diam Akses Kamera iPhone

Gugatan ini bermula dari laporan beberapa media di Juli lalu yang menyebut, ada sejumlah pengguna iOS 14 yang melaporkan fungsi kamera ternyata selalu aktif ketika aplikasi Instagram dibuka. Hal itu terjadi bahkan saat fungsi kamera sedang tidak diaktifkan.

Menurut laporan pengguna, saat mereka menjelajah feed Instagram, indikator hijau selalu menyala yang menandakan kamera tetap aktif di keadaan background.

Padahal seharusnya hal tersebut tidak terjadi, mengingat fungsi kamera hanya akan menyala saat membuat Stories atau mengunggah foto.

Berdasarkan laporan The Verge, Instagram sudah menemukan masalah tersebut dan memastikan itu hanya bug. Karenanya, mereka akan segera menyelesaikannya. 

Instagram menjanjikan solusi untuk bug ini akan hadir pada pembaruan terkini iOS. Selain memastikan akan segera menghadirkan solusi untuk bug ini, perusahaan menjamin mereka tidak merekam aktivitas pengguna. 

"Kami tidak mengakses kamera pengguna dalam masalah ini, dan tidak ada konten yang direkam," tutur juru bicara perusahaan.

(Tin/Isk)