Sukses

Google Siapkan Chromecast Generasi Baru, Hadir dengan Remote

Liputan6.com, Jakarta - Google disebut akan menggelar event besar pada 30 September 2020. Event ini digadang-gadang akan menjadi debut dari Pixel 5 dan Pixel 4a 5G.

Namun selain dua perangkat itu, Google juga dilaporkan akan mengumumkan Chromecast generasi terbaru. Dikutip dari Engadget, Minggu (20/9/2020), perangkat ini diketahui akan memiliki fungsi berbeda dari generasi sebelumnya.

Alasannya, dongle ini tidak sekadar memiliki fungsi casting dari smartphone Android ke TV, melainkan sudah ditanamkan sistem Android TV. Karenanya, perangkat ini tidak berbeda dari stik atau boks Android TV. 

Sebagai tambahan, Google juga menyertakan remote untuk keperluan navigasi. Remote yang disertakan hadir dengan tombol cukup lengkap, mulai dari volume, home, Assistant, dan mute.

Ada pula tombol khusus yang didedikasikan untuk YouTube dan Netflix. Kehadiran remote ini terbilang menarik, sebab seri Chromecast sebelumnya tidak dibekali dengan aksesoris tersebut.

Perangkat ini dilaporkan akan dibekali chip Amlogic S905X2 dengan kapasitas memori yang diperkirakan memiliki kapasitas RAM 2GB dan ROM 16GB.

Untuk diketahui, kehdiran perangkat ini sudah terdengar sejak beberapa bulan lalu dan diketahui memiliki kode nama Sabrina.

Bersama dengan peluncuran perangkat ini, perusahaan juga disebut akan mengubah nama Android TV menjadi Google TV. Nama Google TV sendiri merupakan nama yang digunakan sebelum Android TV.

2 dari 3 halaman

Google Bakal Umumkan Pixel 5 Akhir Bulan Ini

Sebelum ini, Google akhirnya mengungkapkan waktu pengumuman hardware terbarunya. Menurut laporan, salah satu yang akan diumumkan adalah Pixel 5.

Dilansir GSM Arena, Selasa (15/9/2020), Google akan menggelar sebuah acara online pada 30 September 2020.

Pada undangan yang disebar, Google menuliskan keterangan "Launch Night In" dan "Your couch is the best seat in the house."

Kalimat "launch night" diprediksi merujuk pada hardware. Produk yang diprediksi akan diumumkan di antaraya adalah Pixel 5 dan Pixel 4a 5G.

Informasi tentang kedua smartphone tersebut juga sudah banyak beredar di ranah internet. Salah satu yang sering diberitakan mengenai spesifikasi Pixel 5 dan 4a 5G.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi

Dari segi desain, Pixel 5 diprediksi akan sedikit mirip dengan Pixel 4a. Google dilaporkan melengkapinya dengan RAM 8GB, refresh rate layar 90Hz, dan kamera belakang ultrawide.

Sementara Pixel 4a 5G merupakan versi lebih besar dari 4a. Smartphone tersebut akan memiliki chipset Snapdragon 765G, dan mendukung jaringan 5G.

Selain smartphone terbaru Pixel, Google dilaporkan akan mengumumkan produk lain. Produk itu adalah dongle Android TV dengan nama kode Sabrina.

Google pun diprediksi akan menghadirkan smart speaker Nest terbaru.

(Dam/Ysl)