Sukses

Asus ZenBook 13 dan 14, Laptop Tertipis Juga Teringan dengan Baterai Awet Seharian

Liputan6.com, Jakarta - Asus merilis laptop premium terbarunya, ZenBook 13 (UX325) & ZenBook 14 (UX425) di Indonesia.

Laptop ini menjadi perangkat ZenBook tertipis, teringan, dengan baterai yang tahan dipakai hingga 16 jam.

Kehadirannya disesuaikan dengan kondisi kerja mobile yang saat ini dilakukan oleh banyak orang, salah satunya karena dampak pandemi Covid-19.

Regional Director Asus Southeast Asia Jimmy Lin mengatakan, di Asus pihaknya mendengar apa yang diinginkan konsumen.

"Konsumen menginginkan perangkat yang lebih tipis dan ringan sehingga membuat mereka lebih mudah dalam bermobilitas untuk mendukung remote working," tutur Jimmy dalam peluncuran ZenBook 13 & 14 yang ditayangkan secara live streaming, Selasa (15/9/2020).

Menurut Jimmy, berdasarkan feedback, saat ini 62 persen pengguna bekerja di lebih dari satu lokasi. Untuk itu mereka menginginkan laptop yang lebih tipis, ringan, serta memiliki baterai dan performa yang kuat.

Untuk itu, tahun ini, Asus menghadirkan ZenBook series nyaman untuk dibawa ke manapun.

"Tahun ini kami menciptakan laptop yang nyaman, tidak hanya cantik tetapi memudahkan ketika commuting. Memiliki bentuk yang compact, baterai lebih tahan lama, dan konektivitas yang lebih cepat," tutur Jimmy.

2 dari 3 halaman

Ringan

Kedua model ini diklaim benar-benar ringan, tak lebih dari 1,1 Kg untuk ZenBook 14 dan 1,07 Kg untuk ZenBook 13. Keduanya juga memiliki bodi yang sangat tipis, yakni hanya 13,9mm.

Kinerja perangkat ini didukung dengan prosesor i5 (untuk ZenBook 13) dan i7 (untuk ZenBook 14) Intel Core Generasi ke-10 yang diklaim menghadirkan performa lebih lancar, responsif, dan memiliki koneksi lebih cepat.

Prosesor Intel Core Generasi ke-10 ini didukung koneks WiFi6 yang mampu menghasilkan koneksi nirkabel 3x lebih cepat dari WiFi5 dan kapasitas jaringan 4x lipat lebih cepat, dengan latensi 75 persen lebih rendah.

Dari segi desain, perangkat ini mengusung four-sided NanoEdge display yang memberikan bezel lebih tipis hanya 2,5mm dan rasio screen-to-body 90 persen sehingga tampilan layar lebih luas.

Kedua ZenBook ini didukung dengan ergolift hinge yang memudahkan pengguna saat mengetik. Perangkat ini juga didukung dengan keyboard ikonik Asus yang nyaman dan memudahkan untuk pengetikan.

3 dari 3 halaman

Harga

Sementara itu, Consumer Notebook Product Manager Asus Indonesia Nick Wu menyebut, ZenBook 13 dan 14 hadir dalam dua opsi warna yakni Pine Grey dan Lilac Mist.

Ia menyebut, ZenBook 14 didukung RAM 16GB dan memori SSD 512GB dengan baterai 67wh yang mampu bertahan selama 16 jam pemakaian. Perangkat ini didukung Intel Core i7 generasi 10.

Sementara, ZenBook 13 memiliki RAM 8GB, memori SSD 512GB dan, dukungan prosesor Intel Core i5 generasi 10.

Nick juga mengungkapkan, meskipun tipis, laptop ini menghadirkan seluruh port yang dibutuhkan oleh pengguna, yakni USB Type A, Type C, dan HDMI. Lebih lanjut, Asus ZenBook series ini didukung USB-C Easy Charge yang memudahkan pengisian daya cepat dengan berbagai charger USB-C.

ZenBook Series terbaru ini juga didukung fitur keamanan pengenalan wajah berkat dukungan IR camera di perangkat.

Untuk harga, ZenBook 14 dengan Intel Core i7 dibanderol Rp 17.299.000. Sedangkan ZenBook 13 dengan Intel Core i5 dijual seharga Rp 14.299.000.

Konsumen bisa membelinya di e-commerce Tokopedia, JD.id, Blibli.com, Bhinneka, Lazada, dan Shopee.

(Tin/Ysl)