Sukses

5 Jenis Tagar Terpopuler yang Sering Dipakai Warganet di Twitter

Berikut adalah kelima jenis tagar terpopuler di Indonesia, seperti diinformasikan dalam keterangan Twitter. Apa saja tagar terpopuler yang sering dipakai warganet Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sesuatu terjadi di dunia, hal tersebut juga ramai dibicarakan di Twitter. Uniknya, ketika sesuatu ramai di Twitter, hal tersebut juga jadi pembicaraan di dunia nyata.

Di Twitter, pengguna bisa saling terhubung dengan siapapun dari berbagai negara. Twitter juga menjadi tempat orang berbagi opini kepada jutaan pengguna lain.

Pada 23 Agustus 2007, Chris Messina mengusulkan penggunaan simbol tagar (#) untuk mengelompokkan percakapan di Twitter. Ini juga menjadi tanda hari jadi penggunaan tagar dan tiap tanggal 23 Agustus ditetapkan sebagai #HariTagar.

Oleh karenanya, ketika menggunakan Twitter, pengguna akan melihat tagar menghiasi linimasa. Simbol # digunakan untuk menandai kata kunci atau topik dalam sebuah tweet dan mengkategorikan tweet dengan topik pembahasan yang sama.

Adanya tagar membuat Twitter jadi corong suara bagi banyak orang, membentuk budaya, dan dapat mengubah dunia.

Pada ulang tahun ke-17 Hari Tagar, Twitter menyajikan data tentang lima jenis tagar yang paling populer di Indonesia.

Berikut adalah kelima jenis tagar terpopuler di Indonesia, seperti diinformasikan dalam keterangan Twitter, Minggu (23/8/2020).

1. Tagar yang Menginspirasi

Orang mencari inspirasi mengenai berbagai hal di Twitter. Hal ini dipermudah dengan adanya tagar.

Misalnya #dirumahaja tak hanya dipakai untuk menginformasikan upaya preventif menghadapi pandemi, tetapi juga menginspirasi orang lain tetap semangat dan produktif tiap harinya.

Salah satunya adalah pengguna dengan akun @tiarbah yang memakai #dirumahaja untuk berbagi inspirasi resep makanan yang mudah dimasak dengan bahan-bahan seadanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tagar yang Mengedukasi

Tagar juga berguna untuk mengedukasi mengenai topik tertentu. Misalnya #pandanan yang dipakai untuk berbagi pengetahuan tentang persamaan sebuah istilah bahasa asing dan konteks penggunaan yang tepat dalam Bahasa Indonesia.

Pakar Bahasa Indonesia @ivanlanin kerap menggunakan #padanan untuk memberikan edukasi pada warganet.

3 dari 5 halaman

3. Tagar untuk Keadaan Darurat

Karakter real-time Twitter untuk mencari informasi terkini mengenai bencana atau situasi genting lainnya. Hal ini membuat Twitter bisa membantu banyak orang untuk mendapat pertolongan dari pihak lain dalam waktu singkat.

Pada kondisi seperti ini, fitur Like dan Retweet berperan penting karena menjangkau lebih banyak orang.

Untuk kondisi darurat, tagar #gempa, misalnya, dipakai secara aktif oleh @infoBMKG untuk memberi informasi dan perkembangan terbaru, tak hanya pada media tetapi juga berbagai pihak, termasuk warga di permukiman sekitar bencana untuk mengantisipasi langkah selanjutnya.

4 dari 5 halaman

4. Tagar tentang Hiburan

Percakapan tentang topik hiburan di Twitter di Indonesia meningkat pada kuartal pertama tahun 2020.

Percakapan tentang selebriti, misalnya, meningkat 62 persen di Indonesia, percakapan tentang musik meningkat 66 persen, dan topik tentang film meningkat 26 persen.

Percakapan ini juga didominasi dengan konten-konten seputar fan art (seni dari penggemar). Seperti yang terlihat dari #RaisaThrowback yang sempat ramai di linimasa.

5 dari 5 halaman

5. Tagar sebagai Penghubung dengan Komunitas

Masyarakat Indonesia menggunakan Twitter untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki minat atau kesukaan yang sama. Seperti yang dilakukan oleh penggemar Animal Crossing dalam rangka merayakan HUT ke-75 RI.

Mereka ramai-ramai berbagi hasil karyanya melalui Twitter dengan menggunakan tagar #AnimalCrossing.

Adapun di bawah ini adalah beberapa tagar yang populer di linimasa Twitter di Indonesia selama periode Januari - Juli 2020 (tagar tidak diurutkan berdasarkan peringkat):

1. #bts

2. #exo

3. #iheartawards

4. #dirumahaja

5. #agnation

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.