Sukses

HMD Global Dapat Suntikan Dana dari Google dan Qualcomm

HMD Global mendapatkan kucuran dana segar sebesar USD 230 juta atau sekira Rp 3,4 triliun dari sejumlah investor. Google, Qualcomm, dan Nokia termasuk di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global mendapatkan kucuran dana segar sebesar USD 230 juta atau sekira Rp 3,4 triliun dari sejumlah investor. Google, Qualcomm, dan Nokia termasuk di dalamnya.

Dilansir CNBC, Kamis (13/8/2020), HMD Global mengungkapkan dana tersebut akan digunakan untuk berinvestasi dalam pengembangan smartphone 5G. Salah satunya agar bisa menjual smartphone di Amerika Serikat (AS) melalui kerja sama dengan operator-operator lokal.

Dana tersebut juga akan membantu HMD memperluas pasar seperti di Brasil, Afrika, dan India.

HMD telah memegang hak untuk merancang dan memasarkan ponsel Nokia, sejak kesepakatan bersama dengan Foxconn untuk membeli unit mobile tersebut dari Microsoft pada 2016. Foxconn memproduksi produknya, sementara Nokia mendapatkan pembayaran royalti dari setiap ponsel yang dijual HMD.

HMD Global telah menjual 70 juta ponsel pada tahun lalu. Perusahaan asal Finlandia itu mengklaim telah menjual lebih dari 240 juta unit hingga saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

HMD Tunjuk Alain Lejeune sebagai Global Operations Leadership

HMD Global beberapa hari lalu mengumumkan Alain Lejeune sebagai Global Operations Leadership. Sebelum bergabung dengan HMD Global, ia menjabat sebagai penasihat di OneWeb yang fokus pada strategi operasional.

Alain akan bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan operasional HMD Global, dan memimpin divisi engineering and supply chain management.

Ia akan melapor langsung kepada CEO HMD Global, Florian Seiche.

"Saya sangat senang menerima tantangan baru di HMD Global, the home of Nokia phones. Dengan pengalaman kerja di industri mobile selama lebih dari dua setengah dekade, saya telah menyaksikan berbagai perkembangan operasional perusahaan dalam skala global," ungkap Lejeune, seperti dikutip dari keterangan resmi HMD Global.

3 dari 3 halaman

Pernyataan Alain Lejeune

Lejeune mengatakan bisnis butuh beradaptasi dan bergerak cepat untuk menyesuaikan dengan kondisi pasca Covid-19. Operasional yang penuh komitmen, katanya, berperan penting dalam menjaga keseimbangan perusahaan yang berkembang pesat seperti HMD Global.

"Ponsel Nokia memiliki sejumlah penggemar yang setia dan berkembang pesat, saya sangat bersemangat membantu perusahaan ini untuk terus menghadirkan inovasi mobile berkualitas tinggi dan terjangkau, yang telah dikenal dan digemari kalangan luas," jelasnya.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini