Sukses

Fitur Mirip AirDrop Hadir di Perangkat Android

Liputan6.com, Jakarta - Google resmi meluncurkan fitur baru untuk pengguna Android yang memiliki kemampuan serupa AirDrop, yakni Nearby Share. Lewat fitur anyar ini, pengguna Android dapat lebih mudah berbagai macam file, mulai dari video, gambar, maupun konten lain.

Namun seperti dikutip dari The Verge, Rabu (5/8/2020), fitur ini baru tersedia untuk sejumlah perangkat Pixel dan Samsung. Sementara untuk perangkat Android dari manufaktur lain, Google mengatakan fitur ini akan hadir dalam beberapa pekan ke depan.

Nearby Share dapat digunakan untuk berbagi file pada perangkat yang menjalankan Android 6.0 atau lebih baru. Nantinya, pengguna juga dapat memilih metode yang ingin digunakan saling berkirim file.

Menurut Google, fitur ini akan memanfaatkan metode apa pun yang tersedia di perangkat untuk memastikan file dapat diterima dengan cepat. Jadi, metode yang dimanfaatkan mulai dari Bluetooth, Bluetooth Low Energy, hingga WebRTC atau peer-to-peer Wi-Fi.

Apabila fitur ini sudah tersedia di perangkat, pengguna tinggal menekan tombol Nearby Share untuk dapat mengirimkan file. Setelahnya, pengguna tinggal mencari perangkat terdekat yang menjadi tujuan.

Untuk sekarang, fitur ini hanya dapat mendukung pengiriman file antara perangkat Android. Sementara untuk pengiriman file ke Chromebook, Google mengatakan kemampuan tersebut akan rilis dalam beberapa bulan ke depan.

Mengingat baru hadir pada ekosistem Google, pengguna tidak dapat memanfaatkan fitur Nearby Share untuk berkirim file ke platform lain, seperti iOS, Mac, maupun Windows. Meski belum mendukung, juru bicara perusahaan mengatakan ada rencana untuk mengembangkan kemampuan fitur ini ke platform lain nantinya.

2 dari 3 halaman

Kabar Aplikasi Ini Sudah Terdengar Sejak Awal Tahun

Informasi soal aplikasi Google ini sebenarnya sudah diketahui sejak awal tahun ini. Informasi ini diketahui dari laporan XDA beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (27/1/2020), XDA menemukan ada APK (Android Application Package) yang diberi nama Nearby Sharing.

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk berkirim foto atau file dengan perangkat sekitar secara langsung, serupa AirDrop. Namun berbeda dari besutan Apple, Nearby Sharing dilengkapi dengan sejumlah pengaturan privasi.

Salah satunya adalah 'hidden mode' yang memungkinkan pengguna mengatur siapa saja yang dapat mengirimkan file padanya.

3 dari 3 halaman

Vendor Smartphone yang Garap Aplikasi Serupa

Selain Google, sejumlah vendor smartphone Android lain juga diketahui memiliki aplikasi aplikasi dengan kemampuan serupa. Salah satunya adalah Samsung yang siap merilis aplikasi berbagi file saat peluncuran Galaxy S20.

Memiliki nama Quick Share, aplikasi ini memungkinkan pengguna berbagi file secara instan dengan orang yang ada di dekatnya. 

Tidak hanya Samsung, tiga manufaktur smartphone Tiongkok yakni Xiaomi, Oppo, dan Vivo mengumumkan bahwa mereka membuat protokol transfer peer-to-peer yang memungkinkan transfer file antar perangkat. 

Sementara itu, OnePlus juga memiliki sistem transfer file mereka sendiri yang bernama FileDash. Namun, layanan ini terbatas digunakan hanya di perangkatnya.

Untuk informasi, fitur serupa memang masih belum hadir di Android. Padahal, AirDrop sendiri dirilis untuk iOS dan MacOS sejak 2011. 

Android sebenarnya menghadirkan fitur layanan berbagi file berbasis NFC bernama Android Beam. Namun, fitur ini dihentikan pada Android 10.

Pada sisi lain, aplikasi Google File juga menghadirkan fungsi berbagi file serupa, tetapi Google File tidak bersifat build-in langsung di Android.

(Dam/Why)