Sukses

Duel Kemampuan Redmi 9 Vs Oppo A52, Pilih Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Redmi 9 baru saja diperkenalkan sebagai smartphone terbaru Xiaomi untuk pasar Indonesia. Tak lama usai kehadirannya, Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk membahas smartphone tersebut.

Salah satu pembahasannya adalah membandingkan Redmi 9 dan Oppo A52. Smartphone ini dipilih sebab pada perilisan Redmi 9, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse sempat menyandingkan kedua smartphone tersebut.

Karena penasaran, kami melakukan ulasan singkat mengenai perbandingan kedua smartphone itu, termasuk pengalaman yang diberikan dalam pemakaian sehari-hari.

Seperti apa ulasannya, simak pembahasanya berikut ini.

Desain dan Layar

Dari sisi desain, kedua smartphone ini mengambil pendekatan berbeda. Redmi 9 masih mempertahankan gaya seperti generasi sebelumnya, sedangkan Oppo A52 tampil lebih kekinian.

Tampak depan Redmi 9 (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)

Redmi 9 mengusung desain layar waterdrop notch dengan bodi belakang yang diberi aksen bertekstur, sehingga membuatnya tidak licin. Sementara kamera belakang disusun secara vertikal, sejajar dengan pemindai sidik jari.

Adapun Oppo A52 tampil modern dengan desain layar punch-hole dan kamera belakang yang disusun kotak. Tren yang kini memang banyak diadopsi vendor smartphone.

Tampak depan Oppo A52 (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)

Bodi belakang Oppo A52 dibuat mengkilap dan menampilkan kesan premium, ditambah dengan pemindai sidik jari yang berada di sisi bodi. Namun, sidik jari pengguna mudah membekas.

Saat digunakan, pengalaman kedua smartphone ini tidak jauh berbeda, sebab dimensi kedua perangkat ini mirip. Karenanya, penggunaan dengan satu tangan, baik untuk mengetik ataupun melihat media sosial, masih nyaman.

Untuk layar, ukuran keduanya juga tidak berbeda jauh. Sama-sama menampilkan kualitas layar FHD+, Redmi 9 memiliki layar berukuran 6,53 inci, sedangkan Oppo A52 mempunyai bentang layar 6,5 inci.

Berbekal layar yang ditawarkan, menonton konten video di kedua smartphone ini terbilang menyenangkan. Hanya, karakter keluaran keduanya berbeda, Redmi 9 tampil lebih warm, sedangkan Oppo A52 terkesan bright.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa dan Tampilan Antarmuka

Beralih ke performa, Redmi 9 menggunakan chipset MediaTek Helio G80 dengan RAM 4GB dan ROM 64. Sementara Oppo A52 didukung chipset Snapdragon 665 yang dipadukan RAM 6GB dan memori 128GB.

Saat digunakan, pengalaman yang diberikan masing-masing smartphone sama. Untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari browsing internet, windows shopping di e-commerce, termasuk bermain gim, kami merasakan tidak ada masalah.

Seluruh hal itu bisa dilakukan tanpa kendala, termasuk saat berpindah antar aplikasi. Pengalaman yang diberikan dari sistem operasi kustomisasi masing-masing smartphone pun tidak jauh berbeda.

Tampak belakang Redmi 9. (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)

Redmi 9 dengan MIUI 11 dan Oppo A52 dengan ColorsOS 7.1 sama-sama hadir dengan tampilan antarmuka yang menyajikan seluruh aplikasi di bagian depan, tanpa app drawer.

Keduanya juga sudah berbasis Android 10, sehingga pengguna dapat merasakan beragam fitur terkini.

Nah, untuk kemampuan gaming, kami menjajal kedua smartphone dengan gim Call of Duty Mobile dan Sonic Forces. Hasilnya, kedua perangkat ini mampu menjalankannya dengan baik dan tidak terasa lag yang mengganggu.

Tampak belakang Oppo A52. (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)

Namun untuk kualitas grafis saat memainkan Call of Duty Mobile, pada Redmi 9 kami tidak mampu menyetelnya hingga kualitas tinggi. Berbeda dari Oppo A52, di smartphone ini kualitas grafis bisa disetel ke level tinggi.

Perfoma kedua smartphone ini juga ditopang baterai berkapasitas besar dan fitur fast charging, 5.020mAh untuk Redmi 9 dan 5.000mAh untuk Oppo A92.

Pada sektor ini, kami merasa tidak ada keluhan sama sekali, sebab keduanya memang bisa memenuhi kebutuhan aktivitas seharian.

3 dari 4 halaman

Kamera

Untuk urusan fotografi, keduanya juga memiliki konfigurasi dan spesifikasi yang nyaris serupa pada kamera belakang, yakni sama-sama hadir dengan empat kamera belakang dan tipe lensa yang digunakan.

Kamera Belakang Oppo A52 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Redmi 9 memiliki lensa utama 13MP, lensa ultra wide-angle 8MP, lensa makro 5MP, dan depth sensor 2MP. Adapun Oppo A52 hadir dengan lensa utama 12MP, lensa ultra wide-angle 8MP, lens makro 2MP, dan depth sensor 2MP.

Hasil tangkapan kamera kedua smartphone itu pun terbilang apik dan detail, tapi karakter yang dihasilkan memang tergantung preferensi masing-masing pengguna. Karenanya, berikut kami tampilkan beberapa hasil foto keduanya.

Hasil foto Redmi 9

Hasil foto kamera utama Redmi 9 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto malam hari Redmi 9 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto makro Redmi 9 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto portrait Redmi 9 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

 

Hasil foto Oppo A52

Hasil foto kamera utama Oppo A52 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto malam hari Oppo A52 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto makro Oppo A52 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)Hasil foto portrait Oppo A52 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan singkat di atas, dapat disimpulkan Redmi 9 dan Oppo A52 sama-sama memiliki keunggulan maupun kekurangan. Namun yang pasti, keduanya dapat memenuhi seluruh kebutuhan pengguna smartphone saat ini dengan baik.

Hal itu dibuktikan keduanya dapat diandalkan untuk beragam kebutuhan, mulai dari chatting, browsing internet, menonton film, mengambil foto, hingga bermain gim. Terlebih, dua smartphone ini didukung baterai berkapasitas besar.

Adapun perbedaan dari keduanya adalah Redmi 9 ditujukan sebagai perangkat yang benar-benar menghadirkan fungsi esensial sebuah smartphone bagi para penggunanya. Namun dengan pendekatan ini, Redmi 9 memang terlihat ketinggalan dari sisi desain.

Desain smartphone ini nyatanya memang mengulangi generasi sebelumnya. Oleh sebab itu, dengan harga yang ditawarkan, perangkat ini cocok bagi kamu yang memang menginginkan fungsi esensial dari smartphone untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tampak belakang Oppo A52. (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)

Sementara untuk Oppo A52, desain kekinian dan tampilan premium menjadi daya tarik tersendiri, ditambah perangkat ini terbukti mampu menyajikan gim dengan grafis tinggi. 

Lalu, ada pula fitur Chrooma Boost yang memang menjadi andalan Oppo di sektor fotografi. Untuk harga, varian Redmi 9 paling tinggi dijual Rp 1.999.000, sedangkan Oppo A52 dibanderol Rp 2.999.000.

Nah, bagaimana dengan kamu sendiri, pilih Redmi 9 atau Oppo A52?

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.