Sukses

Bikin Alat Musik hingga Menciptakan Robot, Isi Aktivitas Rumahan dengan Workshop Bermanfaat

Simak daftar workshop pilihan di bawah ini yang dapat kalian ikuti secara gratis di DISRUPTO Fest 2020 yang berlangsung di tanggal 17-18 Juli 2020.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah situasi pandemi, aktivitas kita umumnya menjadi lebih banyak dihabiskan di rumah. Akan tetapi, di rumah saja bukan berarti kita memiliki pilihan aktivitas yang terbatas. Malah, pada saat ini, kita bisa lebih banyak belajar dan mengeksplor keterampilan kita mengingat di situasi pandemi, justru ada banyak platform yang menyediakan kelas atau workshop yang dapat diikuti secara cuma-cuma.

Simak daftar workshop pilihan di bawah ini yang dapat kalian ikuti secara gratis di DISRUPTO Fest 2020 yang berlangsung di tanggal 17-18 Juli 2020. Untuk mengikutinya, kalian cukup membuka aplikasi Cakap di ponsel, cari dan klik kelas-kelas khusus DISRUPTO Fest, lalu ikuti keseruan workshop-nya.

1. Workshop Membuat Robot (17 Juli, 11.00 – 12.00)

Siapa bilang robot hanya dapat dibuat di lab canggih saja? Bersama Abdul Bar, founder dari DIYRO, kita akan mempelajari teknik ilmu robotika dengan cara sederhana menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh di rumah.

2. Sintesa Project: Drawing & Coloring with Sun Energy (17 Juli, 14.00 – 15.00)

HONF Lab adalah laboratorium fabrikasi digital pertama di Asia Tenggara yang berlokasi di Yogyakarta. Pada sesi ini, mereka akan mengenalkan bagaimana melukis di atas kain dengan bantuan sinar matahari.

3. Workshop Menyelenggarakan Travel Virtual (17 Juli, 15.00 – 16.00)

Industri pariwisata tengah terdampak dikarenakan pandemi. Namun, hal ini tidak menyurutkan kreativitas para pelaku di industri ini untuk berinovasi. Belakangan, istilah ‘tur virtual’ menjadi kerap terdengar, bahkan, menjadi pilihan yang cukup banyak diminati orang. Bersama Julius Bramanto, seorang traveler, fotografer dan sosok di balik biro perjalanan Traval, kita akan mempelajari bagaimana kiat menyelenggarakan travel virtual yang menarik dan berkesan.

4. How To Build Your Own App (18 Juli, 10.00 – 11.00)

Semakin berkembangnya teknologi membuat kebutuhan para pengembang aplikasi digital menjadi makin dibutuhkan. Sekian tahun mendatang, penguasaan keterampilan ini tentu akan sangat terserap di lapangan pekerjaan. Dalam sesi ini, kita belajar mengenai coding dengan cara yang mudah dipahami oleh Clevio Camp, sehingga siapa pun nantinya dapat membuat aplikasi sendiri.

5. Startup Masterclass: How to Take Your Startup From Ideation to Execution (18 Juli, 11.00 – 12.00)

Bersama Dayu Dara, yang telah berpengalaman dalam dunia startup dari saat ia di GOJEK hingga kini mendirikan Pinhome, dalam sesi ini kita akan diajarkan bagaimana membuat bisnis startup mulai dari pengembangan ide, hingga eksekusinya. Apa saja kiat dan hal yang perlu menjadi checklist, akan dibahas pada sesi ini.

6. Tone Experiment: Make Your Own Musical Instrument (18 Juli, 14.00 – 15.00)

Pada sesi workshop yang dapat diikuti oleh segala tingkat ini, Komik Sains Kuark akan mengajarkan bagaimana kita menciptakan alat musik sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar kita. Sebuah aktivitas yang dapat dilakukan sekeluarga untuk mengisi akhir pekan.

7. Scientific Home Experiment Workshop (19 Juli, 15.00 – 16.00)

Selama ini mungkin sains dianggap sebagai suatu hal yang berat dan membosankan. Padahal, sains itu erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Content creator KOHAROTV menunjukkannya melalui video eksperimen yang kerap ia tayangkan di kanal miliknya. Dalam sesi ini, ia akan menunjukkan percobaan sains yang menyenangkan yang dapat kita ikuti dan lakukan di rumah.

 

(*)

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.