Sukses

Konten Film dan Serial di Situs Web Ilegal Berpotensi Memuat Malware

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Covid-19, banyak masyarakat Indonesia menggunakan online streaming platform ilegal untuk menonton film dan serial. Perusahaan keamanan siber McAfee telah meneliti risiko dari aktivitas yang dapat membahayakan pengguna tersebut.

"Selama masa PSBB, terlihat lonjakan dalam konsumsi video online karena ada peralihan pengguna ke platform hiburan alternatif. Hal ini menciptakan celah yang besar bagi kejahatan siber," ujar Shashwat Khandelwal, Head of Southeast Asia Consumer, McAfee dalam keterangan resmi.

Menurut Shashwat, penjahat siber cenderung mengikuti tren dan perilaku pengguna untuk membangun strategi mereka.

"Maka, kesadaran pengguna saat online sangat penting untuk menghindari situs web berbahaya berisi malware yang dapat mencuri informasi personal, seperti passwords," kata Shashwat menekankan.

Setelah menganalisis tren konsumsi hiburan online populer di seluruh streaming platform, ada 5 judul film dan serial yang paling sering dicari masyarakat Indonesia.

Daftar ini diurutkan sesuai dengan tren pencarian dan konsumsi mulai dari yang tertinggi hingga terendah. Menurut hasil tersebut, Frozen 2 (film) dan The World of The Married (serial televisi) menempati urutan pertama di masing-masing kategori.

2 dari 3 halaman

Daftar Lengkap Temuan McAfee

Daftar Top 5 Film di Indonesia

Frozen 2

Parasite

Milea: Suara dari Dilan

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Jumanji: The Next Level

 

Daftar Top 5 Serial Televisi di Indonesia

The World of The Married

Crash Landing On You

Money Heist

Hi, Bye Mama!

Pretty Little Liars Indonesia

 

3 dari 3 halaman

Tips McAfee

Terkait hal ini, McAfee menyarankan beberapa hal berikut untuk menjaga keamanan ketika mengakses konten online:

  • Pengguna diimbau untuk mengakses konten dari sumber tepercaya. Hal yang paling aman untuk dilakukan adalah berlangganan ke situs streaming resmi. 
  • Jauhilah situs-situs yang menjanjikan konten gratis karena berpotensi memuat malware. Banyak situs streaming ilegal dipenuhi oleh malware yang menyamar sebagai konten.
  • Gunakan perangkat lunak untuk mengontrol akses internet anak. Banyak anak yang saat ini sudah mengerti cara menggunakan teknologi, bahkan lebih fasih daripada orang tuanya. 
  • Lindungi diri dengan solusi keamanan siber seperti McAfee Total Protection. Solusi ini dapat melindungi anda dari malware, serangan phishing, dan juga ancaman lainnya, serta dilengkapi McAfee WebAdvisor yang dapat mengingatkan pengguna mengenai situs web berbahaya.