Sukses

Samsung Galaxy S30 Usung 6 Kamera Belakang dan Bisa Bergerak?

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, sebuah paten milik Samsung yang menampilkan konfigurasi enam lensa kamera yang terpasang di bodi belakang ponsel tersebar di internet.

Tak hanya itu, masing-masing sensor lensa kamera di smartphone penerus seri Galaxy S20 tersebut dapat bergerak dan miring secara terpisah.

Kemampuan ini berdasar pada paten berjudul "Apparatus and method for operating multiple camera for digital photography," tulis Samsung sebagaimana dilansir LetsGoDigital, Kamis (18/6/2020).

Gambar render Galaxy S30 dengan enam lensa kamera. (Doc: Samsung/ LetsGoDigital)

Berdasarkan desain render yang dibuat LetsGoDigital, tampak lima lensa wide-angle dan satu telephoto disandingkan dengan flash LED.

Namun bukan jumlah lensa Galaxy S30 yang menjadi perhatian, akan tetapi kemampuan sensor kamera ponsel yang dapat bergerak/miring.

 

2 dari 3 halaman

Bisa Fokus ke Arah Berbeda

Gambar paten Galaxy S30. (Doc: Samsung/ LetsGoDigital)

Ini berarti masing-masing kamera di Galaxy S30 dapat melihat ke arah yang berbeda dengan yang lain, atau ke tempat pengguna mengarahkan fokus smartphone-nya.

Tak hanya itu, kemampuan kamera di Galaxy S30 ini juga diprediksi akan memiliki sejumlah peningkatan dalam berbagai hal ketimbang seri Galaxy S yang sudah ada di pasaran saat ini.

Beberapa meyakini, lensa kamera Galaxy S30 akan memiliki focal length lebih tinggi, kemampuan mengambil foto low light lebih baik, HDR lebih meningkat, dan kemampuan untuk menambahkan efek bokeh ke foto panorama.

3 dari 3 halaman

Masih Sebatas Paten

Samsung Galaxy S20. Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Meski kemampuan kamera di Galaxy S30 ini cukup menarik, pastinya akan hadir dengan sejumlah kelemahan yang akan tampak secara langsung.

Salah satunya adalah harga yang lebih mahal, dan frame kamera yang lebih besar dari pada ponsel andalan saat ini.

Namun, perlu kamu ingat untuk tidak terlalu berharap banyak tentang bocoran paten enam lensa kamera Galaxy S30 ini.

Toh, paten ini menandakan perusahaan sedang mengeksplorasi ide untuk smartphone teranyarnya, dan belum tentu akan masuk ke dalam tahap produksi masal.

Jika ya, Galaxy S30 diperkirakan baru akan diumumkan paling cepat sekitar Februari 2021.

(Ysl/Isk)