Sukses

Finlandia Gelar Lelang Frekuensi 5G Baru

Pemerintah Finlandia menggelar lelang frekuensi kedua untuk jaringan mobile 5G.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Finlandia menggelar lelang frekuensi kedua untuk jaringan 5G pada Senin (8/6/2020). Hal ini diungkapkan oleh Finnish Transport and Communications Agency.

"Selama 18 bulan terakhir, jaringan 5G telah tersedia di 30 kota dan kotamadya di Finlandia. Musim semi ini, koneksi yang berfungsi dengan baik telah terbukti, bahkan lebih berharga daripada yang diperkirakan," ujar Finnish Transport and Communications Agency dikutip dari Reuters, Selasa (9/6/2020) .

Badan transportasi dan komunikasi itu mengungkapkan, lelang akan mencakup tiga pita 800 MHz di rentang 25.1 - 27.5 GHz untuk digunakan di daratan Finlandia. Harga awal untuk setiap frekuensi adalah 7 juta Euro.

Pemerintah Finlandia memberikan lisensi 5G di frekuensi 3.5 GHz pada 2018 dan pembangunan jaringan dimulai pada awal 2019. Ini membuat Finlandia menjadi salah satu negara pertama di dunia yang memperkenalkan teknologi tersebut.

Pemenang lelang akan diumumkan oleh Kementerian Transportasi dan Komunikasi Finlandia setelah prosesnya ditutup. Pembangunan jaringan baru bisa dimulai pada 1 Juli 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

HTC Bakal Rilis Smartphone 5G Juli 2020?

Seiring dengan kehadiran jaringan 5G, smartphone yang kompatibel pun bermunculan. HTC dilaporkan sedang menyiapkan smartphone baru yang mendukung jaringan 5G.

HTC tengah bersiap merilis smartphone 5G tersebut pada Juli 2020. Dukungan 5G disebut akan menjadi nilai jual utama dari smartphone tersebut.

3 dari 3 halaman

Segmen Produk

Kendati demikian, belum diketahui apakah smartphone tersebut akan menjadi perangkat flagship atau segmen menengah. Informasi mengenai namanya pun belum diketahui.

Selain itu, HTC juga diperkirakan akan merilis sebuah smartphone 4G pada Juni 2020.

"Sejumlah sumber kami juga mengatakan HTC kemungkinan akan merilis ponsel 4G pada Juni," ungkap sumber.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.