Sukses

Aplikasi Layanan Pesan-Antar Kebutuhan Pokok Sagala.id Tersedia di Play Store

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi layanan pesan-antar kebutuhan pokok Sagala.id kini tersedia di Play Store. Masih di tengah pandemi Covid-19 dan menyambut wacana New Normal atau Kenormalan Baru dari pemerintah, Sagala.id berupaya menghubungkan penjual kebutuhan pokok dengan masyarakat.

Melalui aplikasi Sagala.id, masyarakat dapat berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari dari smartphone dari rumah.

Penggagas Sagala.id, Alfian Pamungkas Sakawiguna, menyebutkan kehadiran aplikasi Sagala.id bertujuan untuk memudahkan masyarakat setelah layanan ini hadir lebih dulu dalam format halaman web yang mendapat respons positif.

"Aplikasi Sagala.ID sudah bisa diunduh di Play Store mulai pekan ke-4 pada bulan Mei ini. Pembangunan aplikasi ini kami kebut sedemikian rupa sebagai bentuk komitmen kami berkontribusi di tengah pandemi Covid-19," ujar pemuda kelahiran Sukabumi itu kepada Tekno Liputan6.com, Senin (1/6/2020).

Aplikasi Sagala.id sudah diperkaya dengan beberapa fitur, di antaranya fitur “beli kembali ”, yang memudahkan pengguna mengulang pesanan sebelumnya hanya dengan menekan satu tombol yang tersedia di aplikasi Sagala.id.

"Cukup tekan satu tombol untuk mengulang pesanan-pesanan sebelumnya, kemudian melakukan pembayaran, lalu pesanan akan dikirim oleh kurir kami ke alamat tujuan” kata pemuda yang juga memiliki bisnis web hosting tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Seluruh keuntungan untuk kurir

Selain itu, Alfian menegaskan komitmennya dalam menggairahkan perekonomian masyarakat dengan memberikan seluruh keuntungan kepada kurir dan pedagang di platform Sagala.id.

"Sagala.id bermitra dengan pemandu-pemandu wisata gunung yang kehilangan pekerjaan, penarik ojek online yang sepi pesanan, karyawan-karyawan korban PHK yang semuanya mengambil peran sebagai kurir belanja di platfrom kami. Seluruh keuntungan murni diberikan kepada kurir belanja, yang diharapkan dapat membantu kehidupan mereka," kata Alfian.

 

3 dari 3 halaman

20 Kota

Sejak pertama kali dirilis, layanan Sagala.id hingga saat ini telah mencakup 20 kota di Indonesia, di antaranya wilayah Jabodetabek, Bandung, Jogjakarta, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, hingga Medan.

"Kami berharap melalui aplikasi Sagala.ID, masyarakat tetap dapat mengurangi kebutuhan keluar rumah untuk sekadar berbelanja ke pasar, dan di sisi lain membuka peluang penghasilan bagi kurir-kurir belanja Sagala.id," ujar pemuda yang pernah mendapat penghargaan Wirausaha Muda Mandiri tersebut.  

(Why/Isk)