Sukses

Menkominfo Siap Tindak Tegas Penjual Surat Bebas Covid-19 di E-Commerce

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, meminta agar penyalahgunaan platform digital untuk menjual surat sehat bebas Covid-19 segera dihentikan.

Pernyataan itu disampaikannya saat konferensi pers virtual Grab Venture Velocity Batch 3.

"Untuk platform digital kita, saya minta juga setop digunakan secara salah. Bukan cuma setop disinformasi, hoaks, dan fake news, tapi juga setop menjual surat bebas Covid-19. Itu urusannya dengan dokter, kenapa dijual," tuturnya, Jumat (15/5/2020).

Dia pun mengatakan Kemkominfo akan mengambil tindakan tegas untuk pelaku yang ketahuan melakukan hal tersebut. Johnny juga meminta agar penyedia platform yang mengetahui hal tersebut segera melakukan pemblokiran.

"Kemkominfo pasti akan mengambil langkah tegas, masa surat bebas Covid-19 diperdagangkan. Kalau diperdagangkan, berarti menciderai usaha kita bersama untuk memutus rantai Covid-19," tutur Johnny lebih lanjut.

Dalam acara tersebut, Johnny juga mengingatkan agar penyedia platform digital di Indonesia terus meningkatkan sistem keamanannya. Terlebih, setelah sebelumnya diketahui ada aksi peretasan cukup besar di e-commerce Indonesia.

"Saya minta PTSE (Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik) meningkatkan investasi di sistem keamanan, termasuk investasi sumber daya manusia di sistem keamanan, agar rumah elektroniknya bisa dijaga dengan baik," tutur politikus Partai Demokrat tersebut.

Johnny mengatakan faktor keamanan ini sangat penting, sebab ekonomi digital memainkan peran sangat penting di era sekarang.

Pemerintah sendiri, menurut Johnny, akan membantu lewat kerja sama bersama operator untuk membuat broadband yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

2 dari 3 halaman

Heboh Surat Sehat Bebas Covid-19 Dijual di e-Commerce

Sebelumnya, tangkapan layar surat sehat bebas Covid-19 yang dijual di e-Commerce menjadi pembicaraan.

Menurut tangkapan layar tersebut, surat sehat bebas Covid-19 dengan kop surat salah satu rumah sakit swasta dijual dengan harga Rp 70.000 saja.

Kami melakukan penelusuran dengan kata kunci "surat sehat bebas covid" di agregator e-Commerce platform, iPrice. 

Platform itu membantu kami karena cukup satu pencarian di iPrice, kami akan mendapati hasil dari suatu kata kunci dari banyak e-Commerce platform mulai dari Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dan lain-lain yang telah diagregasi oleh iPrice.

Ternyata, penelusuran dengan kata kunci "surat sehat bebas covid" tidak membuahkan hasil apa pun. Artinya, tidak ada satu pun iklan yang menjual produk surat sehat bebas covid ini.

3 dari 3 halaman

Kecurigaan

Hal lain yang menguatkan kecurigaan kami bahwa surat itu palsu adalah surat yang sama tampak seperti ditempelkan pada tampilan iklan dari dua e-Commerce platform yang dapat kami kenali tampilan antarmuka penggunanya (user interface, UI) yang khas.

Guna menambah kepastian, kami mencoba melakukan penelusuran serupa langsung di kedua e-Commerce platform itu. Hasilnya sama saja, nihil. Saat ini kami sedang menunggu tanggapan dari e-Commerce platform tersebut.

(Dam/Ysl)