Sukses

Mahasiswa UI Bikin Aplikasi Pendeteksi Covid-19, Namanya EndCorona

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai upaya untuk mendeteksi risiko secara mandiri serta mencegah berkembangnya berita hoaks terkait Covid-19, sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi menciptakan sebuah platform penyedia asesmen risiko terkena Covid-19 bernama EndCorona.

Mahasiswa UI tersebut berasal dari Fakultas Kedokteran UI (FKUI) dan Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI), dengan supervisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Mengutip situs web endcorona.fk.ui.ac.id, Jumat (3/4/2020), dijelaskan bahwa EndCorona telah dapat diakses di endcorona.fk.ui.ac.id dan atau endcorona.id melalui komputer atau pun ponsel.

Sementara ini, aplikasi pendeteksi Covid-19 tersebut juga bisa diinstal di perangkat berbasis Android dalam bentu apk. 

EndCorona diklaim akan segera hadir secara resmi di toko aplikasi Play Store dan App Store.

 

2 dari 4 halaman

Fitur

EndCorona dilengkapi dengan berbagai fitur yang membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Salah satunya, fitur asesmen untuk mengetahui kondisi diri sendiri mengenai risiko mengalami Covid-19. Asesmen ini dapat digunakan untuk mengelompokkan pengguna sesuai kerentanannya mengidap Covid-19 dengan kategori risiko rendah, hati-hati, rentan, sangat rentan.

Pengkajian itu didasarkan oleh pengkajian mendalam tim pembimbing FKUI-RSCM dari jurnal ilmiah terpercaya serta rekomendasi nasional dan internasional berbasis bukti.

EndCorona juga hadir sebagai kanal informasi dan edukasi untuk membantu masyarakat menemukan pengetahuan yang benar berdasarkan Ilmu Kedokteran, memberikan informasi, situasi terkini, dan mencegah berkembangnya berita hoaks mengenai Covid-19.

 

3 dari 4 halaman

Hasil Asesmen

Di aplikasi ini kamu dianjurkan untuk mengisi pertanyaan asesmen guna mengetahui kerentanan kamu terhadap Covid-19. Rangkaian pertanyaan telah didesain khusus oleh tim FKUI.

Hanya dengan mengisi pertanyaan selama kurang lebih 3 menit, kamu sudah bisa mendapatkan hasil asesmen dan akan diberikan informasi terkait apa yang harus dilakukan.

Apabila kamu mendapatkan hasil Rentan atau Sangat Rentan, dianjurkan untuk menghubungi hotline yang tertera di platform EndCorona.

(Isk/Why)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini